5 hal yang harus diketahui jika ingin menjadi bagian komunitas skateboard


Keren.. Mungkin image itu yang pertama terlintas di pandangan anak muda, ketika melihat para skateboarder berlaga dengan trick-trick ekstremnya. Olahraga ekstrem asal Amerika yang mulai muncul di Indonesia sejak tahun 80-an ini memang semakin berkembang. Komunitas skateboard juga semakin bertambah dan selalu melahirkan bibit-bibit baru. Skateboard memang bukan sekedar olahraga, melainkan sudah menjadi sebuah lifestyle, karena di dalamnya juga berkaitan dengan musik, fashion, bahkan bisa mempengaruhi attitude para skateboarder.

Hal itu membuat sebagian besar masyarakat awam, terutama anak muda tertarik untuk bergabung dalam komunitas skateboard. Tetapi tak jarang dari mereka tidak tahu bagaimana caranya untuk masuk ke dalam komunitas skateboard, alasan yang paling banyak kami dengar adalah karena takut dan malu. So, buat kalian yang mungkin lagi bingung, inilah 5 hal yang harus diketahui jika ingin menggeluti dunia skateboard.

1. Punya perlengkapan skateboard.
Ya, skateboard lengkap sudah pasti yang pertama harus kalian miliki jika ingin menjadi bagian dari komunitas skateboard. Skateboard fullset utamanya terdiri dari deck, griptape, trucks, bearings, nuts, dan wheels. Tapi pastikan kalian membeli perlengkapan skateboard ini di skateshop ya brother. Jangan beli yang KW, karena yang biasanya kalian lihat di toko buku ataupun toko peralatan olahraga umum itu kurang memenuhi standar keamanan skateboard yang sebenarnya dan pastinya mudah patah (Baca disini).

Skateboard parts
 Di dalam komunitas skateboard sendiri, para skateboarder sangat dianjurkan untuk punya papan skateboard pribadi, karena setiap skateboarder punya standar kenyamanan yang berbeda-beda dan ngga enak juga sih kalau kita terus pinjam skateboard teman. Tapi tenang aja brother, sekarang sudah banyak kok brand-brand skateboard lokal yang ngga kalah bagus dan tentunya dengan harga yang cukup hemat dibandingkan brand luar.

2. Pelajari terlebih dahulu trick-trick dasar skateboard.
Jaman now informasi sudah gampang banget kalian dapatkan hanya dari smartphone. Jadi sebagai pemula, kalian ngga usah bingung cari referensi gimana cara memainkan trick-trick skateboard, karena video skate sudah lumayan banyak beredar. Mulai dulu dengan mempelajari trick yang paling dasar di skateboard, mulai dari menentukan stance (Posisi kaki : Regular atau Goofy) kemudian cara menggerakan skateboard itu sendiri dan yang paling utama, belajar ollie. Kalau sudah bisa melakukan ollie dengan baik dan benar, pelajari trick backside / frontside nya, kemudian flip trick, coba belajar tail drop, dan yang lainnya. Pelajari satu per satu dulu sampai lancar. Lalu coba aplikasikan trick-trick tersebut pada obstacle yang pendek dulu,seperti box, rail, quarter, drop in. Jangan langsung ingin mencoba trick yang sulit ya brother, karena kalau salah hmmm.. kalian bisa cidera, intinya hargai dan nikmati proses "ngulik" ya.

Bisa Ollie yang baik dan bener aja, bisa keren kok...
3. PDKT dengan komunitas skateboard terdekat.
Seperti yang tadi sudah disebutin di awal, komunitas skateboard Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Saat ini hampir di setiap kota sudah ada komunitas skate-nya. Walaupun ada organisasi yang mewadahi, tapi komunitas skateboard bersifat cair, tanpa harus daftar ataupun terikat. Jadi walaupun kalian main di mana saja, di bawah payung skateboard, kalian ngga usah sungkan untuk gabung. Ada yang bilang "skateboard is golden ticket to the world", karena dengan skateboard kalian bisa berkunjung ke komunitas skateboard di berbagai daerah melalui kesamaaan hobi ini. So, ikut bergabung dengan komunitas, banyak manfaatnya juga kan. Selain bisa mengembangkan skill bermain skateboard, pastinya juga bisa memperluas jaringan sosial, karena di sini kalian bisa sharing sambil latihan bareng teman-teman di komunitas. Tapi yang utama adalah kalian harus pintar menjaga sikap / attitude, karena kalau tidak hal itu bisa jadi boomerang buat kalian sendiri.

4. Eksplor skill di spot ataupun skatepark.
Hampir semua skateboarder kreatif lho. Apa saja bisa jadi obstacle dalam bermain skateboard. Tangga, trotoar, bahkan dinding saja bisa dieksplor. Nah ketika kalian sudah menguasai trick-trick di skateboard dan sudah bergabung bersama komunitasnya, kalian bisa ikutan cekspot ataupun latihan bareng di skatepark yang sekarang sudah mulai banyak dibangun. Lagi-lagi yang terpenting adalah kalian harus jaga attitude ya brother, karena setiap tempat atau daerah, punya budaya dan kebiasaan bergaul yang berbeda-beda. Jadi tunjukkan kalau skateboard membawa  pengaruh positif dan bisa diterima masyarakat, be a good man!

Fahryan - Wallride
5. Balance antara skateboard, pendidikan, karir, hingga asmara.
Setelah gabung dengan komunitas, mungkin kalian akan merasakan fun-nya masuk ke dunia skateboard. Terlebih ketika kalian lagi asik "ngulik" trick, hmm mungkin skateboard bisa bagaikan candu deh. Beberapa skateboarder mungkin pernah bolos sekolah, cabut kuliah, izin kerja, pulang larut malam, bahkan sampai lupa ngabarin pacar / istrinya karena keasyikan ngumpul dan main skateboard bersama teman-teman komunitasnya. Inilah yang perlu digarisbawahi ya brother, coba seimbangkan antara hobi skate, pendidikan, karir, dan hubungan asmara kalian. Ingat selain skateboard, ada pasangan / keluarga yang perlu kalian prioritaskan juga. Untuk yang sudah bekerja, ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Dan yang masih sekolah atau kuliah, tetap utamakan pendidikan kalian, karena setelah lulus, banyak juga kok pekerjaan yang related dengan skateboard, seperti video maker, design, seni rupa, dan masih banyak lagi.

Nah itulah 5 hal mendasar yang perlu kalian tahu jika mau menggeluti dunia skateboard. Semoga bermanfaat brother..

https://www.instagram.com/p/Ba_F1wgl0M8/?taken-by=wonder_skateshop


Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving