WNDR NPC 2020 JOURNEY PART 2 - WINNER ANNOUNCEMNET




Part ke 2 WNDR NPC 2020 Journey, kita memasuki ibu kota Jakarta

Seperti yang sudah banyak di ketahui pembangunan infrastruktur besar-besaran di kota ini sedikit banyak berimbas pada skena skateboarding. seperti yang di utarakan oleh akun @haryocanggih melalui unggahan narasi serta fotonya, dirinya kini memiliki spot favorit di bilangan senayan Jakarta yang dijadikan meeting point untuk ber-skating ria bersama kawan lainnya.

Jakarta

Panin Skate.. Mungkin nama ini terdengar asing, tapi spot yang ada disini mungkin sudah familiar di kalangan skateboarder Indonesia.. Yup, lokasinya yang terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di dekat bundaran Patung Pemuda Senayan, dan persis di depan Panin Bank.. Skate scene ini muncul ga lama setelah proses revitalisasi pedestrian di sejumlah kawasan di Jakarta selesai dibangun..
Mungkin bagi beberapa dari kalian yang mendambakan skate spot dengan obstacle yang proper ga akan kalian temukan disini, tapi ada atmosfer yang beda ketika kalian berseluncur disini.. Melakukan trik di obstacle dengan dibarengi para pejalan kaki yang lalu lalang tentu menjadi tantangan tersendiri.. Plus celotehan-celotehan kasar para homies.. Kadang menyebalkan memang, tapi justru disitu asiknya.. GO OUT, SKATE... AND FEEL THE VIBE...

Menuju Depok salah satu kota penopang ibu kota.

Depok merupakan salah satu wilayah hunian favorit warga urban, disamping jaraknya yang berdampingan dengan ibukota ditambah banyaknya pilihan akses transportasi dari dan ke Jakarta membuat Depok menjadi salah satu kota satelit terpadat setelah Bekasi dan Tanggerang. Meski pembangunan tak begitu terlihat dikota ini, baru-baru ini pemerintah kota Depok membangun sebuah alun-alun dimana terdapat fasilitas skatepark di dalamnya. Melalui akun @iemone  kita diajak untuk melihat lebih dekat kegiatan yang terjadi di dalam area skatepark baru tersebut.

 
Depok

Sebuah scene skateboard dikota depok yang kurasa hidup kembali. Karna adanya fasilitas untuk para skateboarder melampiaskan hobynya. Ya, sebuah skatepark. Skatepark ini difasilitasi oleh Pemkot depok yang berada disebuah tempat yang belakangan ini sedang populer dikalangan warga depok yaitu Alun-alun kota depok. Yang bertempat digrand depok city tepatnya yang memang saat januari 2020 kemarin baru saja diresmikan.

Melihat dari adanya Alun-alun ini dan semua fasilitas didalamnya bisa dibilang komplit sih. Kenapa bisa dibilang begitu, yaa karna bnyaknya track-track olahraga didalamnya. Seperti jogging track, lapangan futsal juga basket, track fitnes, dan pastinya skatepark. Sebelumnya memang depok sudah mempunyai skatepark seperti di Alun-alun ini yaitu bertempat dikawasan margonda persis didepan margocity mall. Entah karna kepentingan orang tertentu skatepark tersebut sudah ditiadakan karna berbagai alasan dari pihak margocity mall dan sekarang tempat itu sudah dibangun TheMargo hotel. Hmm. Sangat disayangkan padahal tempat itu bgitu strategis dijadikan skatepark yaitu dipusat kota depok.

Melihat dengan adanya skatepark di Alun-alun depok ini yang menurut ku lumayan besar ini ada plus minusnya. Nah, plusnya adanya wadah baru untuk para skateboarder melampiaskan hobynya.. Dan minusnya tidak adanya pagar pembatas dipinggir area skateparknya. Karna kalau dilihat dari kondisinya sekarang, banyaknya pengunjung yang bermain diskatepark ini dan tidak dipakai selayaknya sebuah skatepark. Sebagai contoh saat berkesempatan kesana banyaknya pengunjung yang banyak memakainya untuk piknik diarea dalam skatepark dan juga bnyaknya anak-anak kecil yang berlarian didalamnya yang membuat area skatepark ini tidak steril dimainkan para skateboarder. Jatuhnya malah berbahaya. Kenapa, potensi tertabrak para skateboarder dan anak-anak yang bermain yang mungkin bisa terjadi. Malah tidak nyaman ya jatuhnya. Haha


Semoga saja dengan adanya skatepark ini dapat melahirkan skateboarder - skateboarder handal dan berprestasi di kota depok ini. Mungkin dapat juga melahirkan bibit baru para pemain skateboard dikota depok ini. Tugas nya sekarang bukan hanya bermain dan seru - seruan di skateparknya, tapi juga merawat dan menjaganya tetap bersih dan tidak merusak fasilitasnya. Agar bisa terus dipakai untuk menghidupkan scene per skateboard an dikota depok ini..
Sekian.

 Lebih jauh ke Yogyakarta

Secara detail bercerita tentang skena skateboarding di kotanya, akun @funsessh_ membuat narasi yang cukup baik dan mudah di pahami mulai dari tempat regular bermain skateboard, perasaan ketika bertemu dengan skateboarder lain, hingga pembuatan video dengan smartphone.

Yogyakarta

Bismillahirohmannirohim.
Perkenalkan nama panggilan saya adalah Nanda, dari Yogyakarta. Saya ingin ikut berpartisipasi dalam WNDR9anniversary "Narrative Photography Contest NPC"
Break
Tampak dari belakang skatepark yang sejuk di bawah renungan pohon yg membuat cuaca jadi adem dan nyaman untuk beristirahat sejenak ketika sedang latihan ,duduk di atas papan . Saling menyapa, menegur ,bercanda, pamitan , bersorak, ketika skateboarder satu bertemu dengan yg lainnya. Yang tadinya tidak kenal jadi saling mengenal hingga berteman . Bertukar pikiran tentang trick dari yang mudah hingga yang susah. Di samping skateparknya pun banyak jajanan jajanan murah meriah, salah satunya angkringan yang telah menjadi langganan ciri khas para skateboarder yaitu es teh maupun kopi. Skatepark ini juga mempunyai komunitas , yaitu @denggungskate . Komunitas ini sangat terbuka sekali untuk para skateboarder pemula yang ingin belajar & bergabung, khususnya di kota gudeg ini. Jangan pernah malu untuk belajar & bergabung. Tetap semangat & tetap konsisten di olahraga skateboarding
.

Malu dan Gerogi dengan Pro Skateboarder.
Dari sekian banyak skateboarder tidak mungkin kalau tidak punya perasaan malu dan gerogi ketika awalan dalam bermain dalam satu tempat bersama pro skateboarder lokal kota itu sendiri, maupun luar kota bahkan luar negeri. Awalan bermain dengan pro skateboarder terpacu dengan mental . Dalam hal ingin mengetrik di obstacle menjadi gerogi, yang tadinya sering landing menjadi susah landing. Berdiam diri tanpa jalan mencoba trick bahkan hanya berdiam duduk manis manja melihat saja ketika pro skateboardernya sedang bermain. Hingga perubahan fisik menjadi dingin ketika bermain satu tempat dengan pro skateboardernya, bahkan itu idolanya. Sama sama makan 4sehat 5sempurna , jangan pernah gerogi dan malu bermain bareng dengan pro skateboarder , anggap saja dia orang bego, cuek saja , anggap saja dia tidak ada, anggap saja dia sama sama belajar seperti kita " ujar beberapa komentar dari pro skateboarding. Tidak ada proses dan prorgres tidak akan membuahkan hasil yang sama seperti pro skateboarder & ingat beberapa komentar dari pro skateboarder. Foto ini hanya untuk menjadikan sebuah gambaran dan motivasi , tidak ada niat untuk menjelek jelekan, dan jangan pernah malu dan gerogi bermain dalam satu tempat latihan maupun di tempat event kompetisi . Nevergiveup and keep skating. 💪

Filming by phone
Tidak asing lagi merekam lewat berbagai macam kamera .Fungsinya pun berbagai macam, Mulai dari untuk kepentingan suatu sponsor / brand, update di sosial media , buat konten , bahkan sebagai cermin skateboarder itu sendiri entah kurangnya pop atau slide gerakan gerakan yang kurang ketika sedang mencoba trik baru. Hasil video juga bisa menjadi sebuah suatu proses bahkan bisa menjadi kenangan tersendiri ketika sudah tidak bermain skateboarding . Bisa di artikan juga video di rekam lewat handphone itu mini clip , yang biasanya di berikan sedikit musik supaya makin asyik. Keterbatasan jangan sampai di sini saja, bisa di kembangkan lagi mungkin saja ingin membuat videopart yang di rancang & di dampingi oleh filmer , editor, photografer, & produser, melalui proses yang panjang. Makin lebih menikmati dan mengerti apa arti skateboarding itu sebenarnya. Supaya merasakan 3 unsur dalam skateboarding, kebebasan , kreativitas , & rebel ( rebel dalam arti positif) ketika videopart sedang di buat. Di mulai dari hal kecil menjadi hal yang besar , di mulai dari video biasa saja menjadi video yang luar biasa , yang bisa di nikmati oleh semua skateboarder dan siapapun yang melihatnya itu adalah sebuah karya.

Dari kota yang sama akun @adamohyeah_ mengunggah karya nya dalam bentuk photo story bertema, bercerita bagaimana dirinya tak sengaja menemukan teman dan spot baru dalam pencarian tempat bermain disekitar Prambanan, serta menemukan arti "Fun" dalam skateboarding.


Sore itu suasana sangat pas untuk main skate. tapi sayang sekali saat sampai lokasi dimana biasanya aku bermain telah basah dan banyak genangan air. Sempat menyurutkan semangat ku untuk bermain sore itu, saat hendak pulang aku melewati sekitar candi prambanan yg disana ada beberapa orang yg bermain skate juga. Aku menghampiri , bersalaman dan mendapatkan teman baru disana. Akhirnya kami lanjut bermain bersama dan saling sharing trik disana. Sore itu juga aku berhasil landing boardslide pertama saya berkat arahan teman teman. Point penting yg aku dapat, skate tidak membedakan antara pro dan pemula, yg terpenting adalah gimana kita bisa have fun saat memainkannya.

Tak terasa sebulan sudah deadline NPC ini kami buka. Sebenarnya masih ada beberapa foto yang dikirimkan, tetapi tidak dapat kami tayangkan karena kurang memenuhi kriteria, seperti waktu pengambilan foto sebelum kurun waktu 2020 dan peserta memang kami khususkan untuk kawan-kawan skateboarder di Indonesia saja. Terima kasih dan respect kami berikan atas apresiasi kawan-kawan yang sudah share mengenai NPC ini, meskipun sampai tenggat waktu yang kami berikan, hanya segelintir kawan dari beberapa daerah yang mengikuti NPC ini. Mungkin karena terkendala gadget ataupun bingung untuk menumpahkan ide nya kedalam sebuah caption atau tulisan.

Selanjutnya akan kami umumkan pemenang event WNDR NPC 2020, yang terbagi dalam 2 pemenang utama dan 2 pemenang favorit:

PEMENANG UTAMA:

Juara 1 : @haryocanggih
Akan mendapatkan : Trucks Independent Stage 11 Polished Std 139, Tshirt WNDR, Skatedaily Brand Socks, Croud Wax, WNDR Sticker + Cash money.
 
Juara 2 :  @funsessh_
Akan mendapatkan : WNDR red deck, Tshirt WNDR, Skatedaily Brand Socks, Croud Wax, WNDR Sticker + Cash Money.

PEMENANG FAVORIT:


Masing-masing pemenang favorit akan mendapatkan: Tshirt WNDR, Minibag WNDR, Socks, dan WNDR sticker.

Untuk nama-nama atau akun yang kami sebutkan dapat mengirimkan data berupa Nama lengkap, Alamat Lengkap serta nomor Handphone yang dapat di hubungi melalui DM (direct message) ke akun instagram WNDR skateboarding @wonderskateboarding atau https://www.instagram.com/wonderskateboarding/

Selamat kepada para pemenang. Kami berharap dengan berakhirnya NPC ini dapat menginspirasi kawan-kawan yang lain serta semakin menumbuhkan minat kawan-kawan skateboarder dimanapun berada, bahwa scene kita dapat dikenal melalui "lensa kamera" serta cara penyampaian yang benar. Jangan takut untuk berkarya dan berkontribusi dalam memajukan scene skateboard di daerahmu. 

Sukses selalu dan maju terus scene skateboard Indonesia. 






Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving