INTERVIEW: ANDRE AND NEW SVT-01





Mungkin industri skateboard shoes lokal tidak bergerak secepat industri deck atau hardware skateboard lainnya, namun di 2 atau 3 tahun belakangan industri ini mulai menunjukan taji nya. Muncul para pelaku industri yang mulai "berani" untuk memberikan sentuhan berbeda dari design hingga fitur yang disematkan dalam produk mereka. Para pelaku industri yang datang dari skateboard scene menambah seru dinamika industri ini pasalnya ketika skateboard shoes dikembangkan oleh skateboarder maka hasilnya adalah murni "sepatu tempur" sepatu yang benar-benar bisa dinikmati oleh para skateboarder. 


Kolaborasi - kolaborasi antar brand skate owned pun dilakukan untuk terus menumbuhkan gairah industri ini. Kami berkesempatan untuk sedikit berbincang dengan Andreas Humala, founder dari SV footwear yang belum lama ini berkolaborasi dengan Bringbackseries untuk varian terbaru skateboard shoes mereka. SVT-01 yang menurut kami cukup mencuri perhatian dan membuat kami harus sesegera mungkin menghubungi Andre untuk melontarkan beberapa pertanyaan tentang produk tersebut, berikut obrolan WNDR dengan SV footwear:


Awal mula SV Terbentuk?

Berawal dari kepuasan melihat koleksi brand sepatu skate ternama melalui arus dunia maya, seperti reef, ├ęs, c1rca, dll. Tercetuslah ide untuk membeli sepatu yang diinginkan (personal interest) dengan order melalui ebay demi kepuasan jasmani semata. Seiring berjalannya waktu selama 1 tahun, limit credit card habis dan tagihan menggunung, maka terbukalah peluang membalikkan keuangan sehat dengan menjual sepatu tersebut melalui akun shoewave_id. Lambat laun banyak brand yang tumbang dan menggeser bahkan menambah haluan segmentasi yang bukan hanya skateboard. Dari kejadian ini maka hasrat SV Footwear muncul.

Perkembangan industri skateshoes local menurut SV?

Ada dua sisi. Bahagia melihat perkembangan industri skateshoes yang naik ke permukaan sehingga nama “Skateboard” menjadi trending “image” topic. Memiliki banyak produksi lokal membuat pekerja lokal semakin sejahtera. Menyayangkan, karena banyak yang hanya memperhatikan trend daripada semestinya.  


Dari sekian banyak brand yang bisa di ajak kolaborasi kenapa harus Bringbackseries?

Sempat ada beberapa tawaran kolaborasi, tetapi alangkah bahagianya kalau kita yang mengajak daripada diajak. Dilihat dari apa yang ingin disampaikan kepada orang diluar sana terhadap image sv footwear, dirasa dan sudah pasti Bringbackseries searah dengan sv footwear dalam hal penyampaian pesan tentang konsistensi brand skateboard tanpa mempedulikan ketenaran. 


Konon katanya proses hingga akhirnya sepatu ini di produksi memakan waktu hampir 1 (Satu) tahun, apa aja yang di kerjain hingga bisa selama itu?

Hhahahaha, memang develop collabs ini memakan waktu yang lama sekali. Kita sempat membuat design yang trendy sampai menghasilkan beberapa colorway. Tapi setelah dipikir, trendy eat shit. Awalnya gw research tentang bringbackseries, beberapa hasil produksi seperti foto, video dan juga gw dengerin pemilihan music background yang dipake untuk materi video part atau video postingan instagram. Dari situ gw coba sketch kasar di kertas sambil dengerin musiknya, maka hanya sekali coretan dan sedikit hapus bagian line yang kurang lurus, difoto lalu kirim ke si Mas ganteng langsung approve.

SVT-01


Apa motif dibalik design dan bentuk dari sepatu yang memiliki desain kontras dari kebanyakan local skateshoes yang beredar?

Ingin menampar pemerhati skena skateboard dan khususnya para skateboarder itu sendiri tentang eksistensi skate shoes sudah saatnya tidak melulu berpusat pada shape siluet “itu” melulu.


Apa feedback yang diharapkan dari kolaborasi ini?

Tetap “keep it secret”. Kalau pada suka dan ingin merasakan product collabs ini langsung pake, jangan di expose kemana-mana. Kalau seneng liat modelnya, cukup liat aja catalogue image + video commercial-nya aja cukup. Intinya, sepatu ini memang ditujukan khusus kepada skateboarder yang memang “mengerti”.


Simak skate video kolaborasi antara SV dan BRINGBACK SERIES Berikut ini:



Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving