Apa yang kami dapat dari Check Spot?

Spotnya disitu lagi? yauda deh, ada anak-anak sih sekalian ngobrol nanti



Belakangan saya mulai agak "rajin" skating bareng para skateboarder yang lebih muda untuk ikut melihat perubahan infrastruktur ibu kota khususnya pada bagian pedestrian serta vibe dari rasa check spot yang pernah saya tau. Meski saya akui skill saya jauh dibawah rata-rata skateboarder pada umumnya saya lumayan penasaran apakah sensasinya masih sama dengan beberapa tahun lalu atau bisa jadi sudah berbeda, kemudian tentunya saya ingin mengetahui obrolan serta trend yang terjadi diantara mereka, dan jujur aja ada bagian dari obrolan mereka yang benar-benar saya nggak ngerti. Tapi jujur skating bareng mereka Fun banget, beberapa perbedaan yang saya rasakan betul dibandingkan dengan check spot versi beberapa tahun lalu salah satunya adalah dari aspek skateboardernya, mereka sangat terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan, mereka datang dengan grup-grup besar mereka terbuka dengan kehadiran orang baru namun tetap menjaga circle "kawanan" aslinya.

literally nongkrong :p

Perubahan infrastruktur Jakarta cukup merubah pandangan saya terhadap pola check spot saat ini, jika dulu check spot dilakukan secara nomaden (berpindah-pindah) kini beberapa spot pedestrian di Jakarta sepertinya beralih fungsi menjadi semacam meeting point atau tempat skating bersama. Beberapa hari lalu saya kembali melakukan spot check bareng namun kali ini saya bersama kawan-kawan "seumuran" sandwich generation yang mungkin se-pemikiran dan tak lagi punya waktu sebanyak 4-5 tahun lalu. Beberapa dari kami tak lagi menjalani hidup sebagai Fulltime skateboarder ada yang bekerja formal ada juga yang mencari nafkah menjadi freelancer di industri kreatif. Karena keterbatasaan dan kesibukan kami masing-masing, moment seperti ini menjadi moment yang cukup langka (untuk saya) skating lagi bareng mereka yang pernah hadir diawal skate career dan menjadi obat rindu tersendiri.

Mahdi albart - Nose Manual

Bagi saya check spot menjadi sebuah proses melihat kembali pengalaman yang telah dijalani "lessons learned" bagi diri sendiri dan untuk mengurangi kesenjangan (gap) yang masih ada antara harapan dan kenyataan. Ya karena duduk diam dan memperhatikan sepertinya tidak cukup kita butuh dikritik, di arahkan, dinasihati, diberi saran bahkan ber-gossip atau digossipkan hahaha, semua ini seringkali saya dapatkan saat bertemu dengan mereka dijalanan saat check spot atau pada event-event tertentu. Saat checkspot saya melihat betul skateboarder mampu melewati "batas" kemampuan dirinya kadang hal ini datang dari hal sepele seperti kata-kata "ayo bisa pasti lo, gitu doang" dan voila! itu terjadi begitu saja seperti sihir namun tetap logis karena sejatinya trik pada skateboard mengacu pada hukum fisika. 


Cahyo & Sarkem - Cek hasil foto
Bagi kami yang masih berkecimpung di skate scene check spot juga berfungsi untuk membuat kami tetap produktif melalui karya seperti foto dan video, check spot juga melatih kami untuk tetap menjaga kewarasan untuk mengetahui batasan diri dan bersabar untuk kemudian hari, menghormati tempat yang kita datangi, menjalin pertemanan yang sehat dengan kawan lama serta orang baru diluar sana dan untuk sesaat saya berfikir apa iya kita masih harus minta "dibuatkan" arena bermain? hahaha, percaya atau tidak bagi saya hal ini sangat berguna untuk kehidupan di luar skateboarding and its realy worth to try. 

Sudah check spot dan buat karya hari ini? 

Photo by: Wildan Kharisma






Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving