CITY CONNECTION : Tebow Store dan komunitas skateboard kota Bogor


Kota Bogor selain terkenal dengan angkotnya yang mungkin lebih banyak dari jumlah warga nya ini (hahaha) juga memiliki skateboarding scene yang bersejarah, mulai dari skateboardernya hingga spot-spotnya yang terbilang unik. Dahulu event serta kompetisi skateboard bergengsi juga sering diadakan di kota ini.

Kini Kota Bogor banyak mengalami perubahan yang berimbas pada skateboarding scene di sana, mulai dengan dibangunnya skatepark yang dibangun oleh Loop ( Telkomsel ) yang bekerja sama dengan Pemerintah daerah setempat dan komunitas skateboard, hingga restorasi besar-besaran pada pedestrian / trotoar di kota ini yang membuatnya semakin skateable, bahkan belakangan mampu menarik minat skateboard dari luar kota ini untuk datang dan check spot disana.


Dengan semakin meningkatnya fasilitas dan antusiasme skateboarding di kota ini juga berimbas pada industri skateboard itu sendiri. Semangat wirausaha dan kreatif mulai tumbuh kembali, individu-individu yang peduli terhadap perkembangan skateboard pun kembali bermunculan dan menunjukan tajinya. 

Skatepark Sempur


Salah satu yang sempat wonderskateboarding.com temui adalah Fahmi, owner dari salah satu skateboard shop di kota Bogor ini punya semangat besar untuk terus memajukan skateboarding scene di kota ini dan secara personal dirinya juga cukup menyenangkan untuk diajak ngobrol. Yuk kita simak perbincangan singkat bareng owner dari Tebow Store berikut ini:


Tell me about yourself as a founder of Tebow store?

Perkenalkan nama gue Fahmi biasa dipanggil Tebow ,saya lahir di bogor.
Gue mengenal skate dan bermain skate pada tahun 1998-2003. Pada saat itu komunitas skate di kota bogor masih di bilang sangat sedikit dan kita bermain di bogor permai atau kita sebut Boper.

Fahmi juga menjadi salah satu founder dari FTG skateboards

How did Tebow come into existence?

Tebow diambil dari nick name gue. Tebow store berdiri sejak 27 Januari 2017 dimana saat itu Bogor mempunyai skatepark dan gue mulai aktif bermain skate lagi dan bisa berkumpul dengan teman oldschool atau seangkatan. Selain dari support  komunitas skate di Bogor dan keluarga terutama anak gue, di situlah gue terpacu untuk membangun kembali dan membesarkan skateboard di Kota Bogor.

Kenapa pilih Bogor untuk lokasi store lo?

Gue mengenal skate dari Kota Bogor which is tempat lahir gue, banyak mengenal dunia skate sedari kecil di Bogor dan mostly teman-teman skateboard di Bogor. Kenapa enggak membesarkan kembali skateboard di Bogor.. Sembari mengenang masa muda dan kumpul kembali dengan teman-teman lama.

Your store is Inside the Project X, Tell me about that?

Kenapa Tebow Store ada di dalam Project X Bogor dan Eternal store Bogor dikarenakan dari dua founder tersebut adalah teman lama atau temen yg punya hobi sama skate and music dan kita mempunyai ide untuk membuka store yg konsepnya one stop shopping yg di dalamnya Project x (streetwere), Eternal Store (music), Tebow Store (skateshop) dan store pertama di bogor yg mempunyai konsep tersebut.

Project X Bogor dengan Tebow Store didalamnya

Menurut lo Apa yang membuat Tebow berbeda?

Dari produk skate shoes, yang dimana gw lebih fokus ke Adidas Skateboarding dan fokus ke local brand skateboard.. Dimana untuk skateboard lebih banyak penjual produk lokal brand di Indonesia seperti.. FTG, Puppets, Motion, Fellow, Hello, Scartch dan local brand lain nya.

Inside Tebow Store

What do you love most about the skateboarding scene in Bogor?

Komunitas nya makin banyak, sangat solid baik yang dari kabupaten Bogor dan kota Bogor nya sangat solid dan saling support

Di pertemuan kita terakhir saat main ke Bogor sambil makan seafood (hahaha), lo cerita tentang ketat nya persaingan dalam skate industri. Sikap seperti apa yang akan Tebow bawa kedepannya?

Wah berat nih jawab nya .. bhahahhaha
yang kaya gue bilang, gue buka skateshop untuk komunitas dan gue ingin memberikan kontribusi untuk skateboard di Indonesia  yang dimana gue harus bisa mempertahankan Tebow skate store dengan men-support brand lokal. Dan yang gue lihat skateshop di Indonesia mempunyai ciri khas masing masing dan punya strategi penjualan masing-masing juga, dan ciri khas itu yang bisa mempertahankan skateshop itu untuk terus tetap bisa berdiri.

BTW thanks banget mi udah mau meluangkan waktu buat nongkrong bareng dan jawab pertanyaan dari wonderskateboarding.com

Big thanks buat wonderskateboarding.com yang udah mau datang dan meluangkan waktunya ke kota Bogor dan berbincang bersama saya tentang Tebow store dan komunitas di kota Bogor, dan sukses terus untuk wonderskateboarding dan skateboard di Indonesia.

 

www.wonderskateboarding.com/p/wndr-shop.html


Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving