Don’t Call it a Comeback : an interview with Rico Ti & Jimmy Bastanta

Rico & Jimmy at WNDR HQ


Skateboarding scene di era 2000 an menjadi spesial untuk kami, kenapa? pada saat itu lah semangat untuk belajar, skating, eksplore tempat dan mengukir prestasi sedang tinggi-tinggi nya. Jumlah skateboarder yang saat itu sedang growing juga lagi banyak-banyak nya kesempatan meraih prestasi juga sedang terbuka lebar melalui banyaknya kompetisi dan event skate, baik di ibu kota hingga ke daerah-daerah, mulai dari event skala nasional hingga lokal.


Di setiap skateboarding scene lokal yang ada pada saat itu, pastinya akan ada individu-indivudu yang lebih menonjol dalam kawanannya, tak terlepas dengan komunitas skateboard yang ada di kota (Depok) ini pada saat itu. Hampir pasti dua nama ini akan selalu menjadi buah bibir di kalangan skateboard, sebut saja RICO TI (sampe sekarang gw sendiri ngga ngerti "TI" itu apa) dan JIMMY BASTANTA. 




Pada saat itu dua individu yang "sepertinya" bersahabat ini cukup menjadi sorotan, saat dimana skateboarder lain nyaman bermain di kandang nya sendiri, dua pria yang nggak terlalu tampan ini malah rajin untuk skate trip keluar kota, mengikuti berbagai event skate dan bersosialisasi dengan skateboarder di luar kota (hal yang sangat jarang dilakukan pada saat itu, mungkin juga sampai saat ini) alhasil mereka mulai banyak di enal dan secara tidak langsung membuat Kota Depok muncul ke permukaan.

Trip Manahan - Solo Circa 2007

Skill yang terus berkembang dan media outreach yang menopang perkembangan mereka membuat keduanya mulai mendapat support dari industri pada saat itu. Namun itu dulu... dan orang pun berubah dan tergantikan, seiring berjalan waktu entah karena kesibukan atau apalah belakangan kami jarang mendengar kabar kedekatan mereka hingga beberapa saat lalu keduanya skating bareng di WNDR. 

Nggak mau melewatkan kesempatan ini wonderskateboarding.com mencoba untuk membawa kerinduan (yang rindu aja sik) dengan sosok mereka. Yuk simak perbincangan kami dengan keduanya..


Your first appearance in skateboarding?

Jimmy
dibilang udah lama sih ngga juga, tapi ya lumayan melewati era asam manis perskateboard-an 😂
Kalau ga salah pas sekolah menengah atas (SMA) 2005 gw kenal skate dan mulai serius di skate itu sendiri

Rico
2003 pertama kali bergaul sama poser, untung ga jadi poser beneran.. hahahaha

Years of your golden era in skateboarding and why?

Jimmy
Golden era hmmm ga ada sih kayanya. Cuman personally saat gw menjadi highlight happen magazine dan saat itu video pertama gw ”up in the street” pas banget barengan keluarnya yahhh lumayan menjadi perbincangan sih saat itu dari yang positif/ negatif  tapi gw seneng saat itu.

Rico
The best itu 2007, universitas pancasila crew, when lakai fully flared jadi kiblat banget (MO effect) trus lu skate ya total ngulik, fun banget jadinya belom posting2 sosmed kaya skrg, jadi waktu itu susah banget mau norak ke orang2 #lol

Your Opinion about Rico Ti / Jimmy Bastanta?

Jimmy
Rico Toja hutajulu yang punya motor Batman ?
Dulu ya suka cekspot bareng, tour bareng, mandi bareng ehhh.. yah sama dia gampang diajak susah sama sama, gw kan orangnya batak banget nih, walaupun rico Ti batak palsu..
yaa dulu dia bisa dibilang partner in crime gw deh di skate orang-orang jadi tau ada rico ada jimmy mungkin sekarang udah ada kesibukan masing masing jadi ya gak terlalu sering main bareng, tapi tetap dia selalu melekat di diri gw.

Rico
Hahahahaah, jimmy tu kampret.. tapi nemuin best person kaya dia tu susah jg.. kadang dia jadi contekan gua buat belajar trick, paling asik kalo di ajak gosip tentang skateboard, he's my brother, dia doang yg bisa bs flip sambil  tidur, tandem skating gua bertahun2.. my G youre the best

Back to the old time, you two have been sponsored by two best local brands (puppets) / (diatone), tell me the best thing at the time?

Jimmy
Bima diatone hmmm dia sama gw selalu satu pemikiran, di saat brand brand harus nuntut untuk ini itu, tapi dia selalu membebaskan gw bergerak asal kewajiban kalo ada waktu kita filming dan gw lebih suka filming saat itu di saat orang-orang bilang “ lu ga pernah keliatan lagi jim, lu ngapain sih main di jalanan, lu ngapain pake celana ngatung, ngapain main tabrak” gw selalu jadi bahan omongan semua kalangan dan gw bodo amat istilah kata “everything you like, I liked 5 years ago” dan keliatan sampe sekarang banyak orang-orang masih mengikuti trend gw dulu jadi gw terimakasih banget buat Diatone skate udah memberi jalan yang baik di dunia skateboard Indonesia

Rico
Thanks buat puppet yg pernah support gue di skate, bisa tour, filming, banyak ketemu orang2 di luar kota, saat lo dipercaya set up pake design wayang, itu sih best at the time selama ini. #thanks a lot Yoki

Have a nice day, glad to see you skating together again
selamat sore salam olahraga 😘



http://www.wonderskateboarding.com/p/wndr-shop.html



Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving