Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Wheels Skateboard


Wheels atau roda menjadi salah satu komponen penting dalam merakit sebuah skateboard. Iya dong penting, karena kalau ngga ada wheels, gimana skateboardnya bisa meluncur, ya ngga Bro, hehe.. Wheels skateboard terbuat dari bahan polyurethane, yaitu material yang memiliki keunggulan tahan gesek, tahan aus, dan stabil dalam suhu panas maupun dingin.


Wheels skateboard diukur dengan diameter dan durometer. Diameter di sini maksudnya ukuran roda, sedangkan durometer adalah kekerasan wheels. Ada berbagai ukuran, warna, dan tingkat daya tahan wheels skateboard. Hal ini disesuaikan dengan style skating kalian Bro.

Gimana sih cara memilih diameter wheels yang pas buat deck kita?

Diameter wheels diukur dalam satuan milimeter (mm). Semakin rendah milimeternya maka semakin kecil rodanya. Sebagian besar wheels untuk skateboard berkisar antara 50-75mm. Diameter ini bisa mempengaruhi kecepatan. Intinya semakin kecil diameter wheels, semakin lambat kecepatannya. Sebaliknya semakin besar diameter wheels maka semakin cepat perputarannya. Tapi balik lagi, memilih besar kecilnya diameter wheels, tergantung pada kebutuhan skating masing-masing. Selain itu, tinggi dan berat badan juga mempengaruhi roda ukuran apa yang terasa tepat untuk kita.
  • Diameter 50-53mm : roda berdiameter kecil seperti ini cocok untuk teman yang bertubuh tidak terlalu besar. Tetapi wheels kecil juga pas digunakan untuk trik-trik teknis, karena lebih lambat sehingga bisa lebih stabil. Biasanya dipakai untuk skating di street, skatepark, ataupun bowl.
  • Diameter 54-59mm : untuk kalian yang bertubuh agak besar, wheels dengan ukuran diameter ini mungkin akan terasa lebih pas. Wheels berdiameter 54-59mm juga biasanya dipakai untuk skating street, skatepark, bowl, maupun vert ramps.
  • Diameter 60mm ke atas : khusus untuk longboard, old-school board, dan downhill, karena wheels berdiameter besar seperti ini dapat memberikan kecepatan dan keseimbangan ketika meluncur, bahkan di permukaan yang agak kasar.



Lalu cara memilih durometernya gimana? 

Durometer ialah untuk mengukur tingkat kekerasan wheels. Mayoritas produsen menggunakan durometer skala A, yang merupakan skala 100 point untuk mengukur kekerasan roda. Semakin besar angkanya maka semakin keras wheels tersebut. Secara umum, wheels yang hard tentunya akan lebih cepat dibandingkan dengan yang soft. Berikut beberapa panduan umum untuk lebih memahami durometer wheels:
  • Durometer 78a-87a : termasuk soft wheels, biasanya dipakai untuk longboard, downhill, dan street board, karena memang didesain dan digunakan untuk permukaan agak kasar.
  • Durometer 88a-95a : Sedikit lebih keras dan lebih cepat, tetapi masih oke jika digunakan pada permukaan kasar.
  • Durometer 96a-100a : Kecepatan wheels berdurometer ini cukup pas. Cocok untuk para beginner yang ingin skating di street, skatepark, ramps, pool, dan permukaan halus lainnya.
  • Durometer 101a : Wheels berdurometer ini merupakan yang terberat dan tercepat, sehingga terbilang sulit untuk menggunakannya karena cukup licin.
Nah itulah sekilas tentang diameter dan durometer untuk menentukan wheels apa yang cocok buat kita. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang wheels ya Brother.. :)

https://www.tokopedia.com/wndr/etalase/skateboard-wheels





16 comments :

  1. Semua ukuran wheels itu apa bisa dipasang di semua truck

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama lingkar ring untuk masuk ke hanger 8mm harusnya bisa untuk semua ukuran trucks

      Delete
  2. kalau untuk skate sekedar meluncur di jalanan aspal , kira2 yg paling recommended ukuran wheels berapa ya ? juga utk bearing nya barangkali bisa kasih masukkan. masih pemula dan agak sulit cari komunitas di kota saya jd takut salah build hehe

    ReplyDelete
  3. Kalau hard 101a bisa di jalanan aspal ga sih?

    ReplyDelete
  4. Kalau hard 101a bisa di aspal gasih?

    ReplyDelete
  5. Saya bb 95kg mau bermain longboarding rekomendasi nya seperti apa ya yg harus saya beli? Haturnuhun

    ReplyDelete
  6. Skateboarding has become very popular among people nowadays. Its popularity among people (mainly the teenagers) has outraced many other popular games. However, this game has not yet entered the international world of games.

    ReplyDelete
  7. Skateboarding has become very popular among people nowadays. Its popularity among people (mainly the teenagers) has outraced many other popular games. However, this game has not yet entered the international world of games. Best Skateboarding Wheels

    ReplyDelete
  8. Skateboarding magazines are perhaps the best asset for discovering skateboarding data. Articles on this game can assist you with learning procedures and learn tips for remaining safe. discountskateboardsonline

    ReplyDelete
  9. One is your neighborhood skateboarding shop, a physical store where you can discover the absolute most recent skateboarding gear and adornments. skateboards

    ReplyDelete
  10. In the 1950's skaters were putting the haggles onto a board of wood: custom made. In the 1960's was the presentation of the previously produced skateboard. buy best skateboards online

    ReplyDelete
  11. I am overwhelmed by your post with such a nice topic. Usually I visit your blogs and get updated through the information you include but today’s blog would be the most appreciable. Well done! polyurea

    ReplyDelete
  12. Ukuran standar bearing penny board berapa ya gan?

    ReplyDelete
  13. Conical pada whels skate itu artinya apa min

    ReplyDelete

Copyright © WNDR. live your life likescurving