Ada skateboard murah nggak?

Ada Skateboard Murah Nggak?


Mungkin buat temen-temen yang sudah terjun ke industri skateboard, baik sebagai produsen produk skateboard atau pemilik skateboard shop sering mendapat pertanyaan seperti ini "Bos ada skate murah ngga?" atau "kalo ada full setnya yang murah gan" atau "ngga ada yang murahan lagi gan?" disaat para pelaku usaha diserang oleh pertanyaan macam kayak gitu di sisi penjual mungkin akan menanggapi dengan memberikan informasi list harga produk yang tersedia, tapi sisi manusia normal atau skateboarder yang udah well educate dalam hati mungkin lo akan berkata "Murah yang kaya gimana lagi??? Bukannya elo itu skateboarder? barang-barang lo ngga ada yang murah coy"


Well begini gan, bagi sebagian orang kata "Murah" mungkin relatif, maksudnya? Ketika kalian memutuskan untuk menjadi skateboarder kalian akan berurusan dengan banyak jenis produk, dan kebanyakan produk tersebut berasal dari luar negeri. Ya, part skateboard yang akan kalian gunakan hampir seluruhnya berasal dari luar negeri dan dibuat dengan standart kemanan tertentu, ada tingkat kekerasan material, ada ukuran kecepatan, ada standart ukuran tinggi, panjang, lebar dan lain-lain lah, intinya menjadi skateboarder kalian akan banyak membeli parts yang dibuat tidak secara asal-asalan karena menyangkut tingkat keamanan kalian sebagai penggunanya, dan kalian mau untuk membeli yang MURAH untuk hal-hal tersebut? jawab sendiri wahai kalian para insan-insan ekstrim Indonesia.

kita beri contoh, sebut saja bagi skateboarder bernama Anonymous yang sudah mengenal dan bermain skateboard kurang lebih 10 tahunan Truck Skateboard luar merek Tensor seri Magnesium Light dengan harga hampir 700 ribu rupiah atau bahkan ada yang lebih dari itu dianggap murah karena dia sadar dan tau bahwa Truck merek tersebut berasal dari luar negeri ada biaya untuk mendatangkan produk tersebut kemudian produk tersebut memiliki Teknologi yang di klaim mampu membuat produk tersebut menjadi jauh lebih ringan. Karena si Anonymous ini Well Educate dan mau membaca atau mencari informasi terlebih dahulu tentang suatu produk maka bagi dirinya produk tersebut masuk kedalam kategori murah.

Lalu bagaimana si Anonymous menanggapi produk serupa tapi milik brand lokal? kita sebut saja Big Truck dan Etaks, dua produsen Truck skateboard lokal Indonesia ini membandrol harga produk mereka di kisaran 450 ribu sampai dengan 480 ribu perak aja satu setnya. Tentunya sebagai skateboarder yang sudah dibekali dengan pengetahuan (yang bukan hoax  dan dia nggak asal jeplak) bagi Anonymous harga yang ditawarkan oleh dua produsen lokal tersebut jauh lebih murah di bandingkan dengan brand luar sebelumnya. Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah "kenapa bisa lebih murah?" perlu di ketahui bahwa produsen skateboard lokal tidak akan membuat atau memproduksi produk yang akan membahayakan penggunanya, pastinya mereka akan membuat produk yang harus sesuai dengan standar dari produk jenis tersebut mulai dari bahan, berat, dimensi dll, harus sesuai dengan standart yang sudah di tetapkan, jika tidak maka percayalah bahwa produk mereka tidak akan pernah laku di pasaran dan pada kenyataannya produk mereka laku terjual gan, masalah kenapa mereka bisa jual murah dibawah harga produk seperti Tensor, Thunder, Independent. Biarlah itu menjadi strategi bisnis mereka, banyak hal yang mereka usahakan untuk membuat produknya tetap murah juga aman, dan sebagai skateboarder secara tidak langsung kalian sudah diuntungkan, kalian nggak perlu repot-repot sok-sok an riset ini itu tentang produk tersebut atau bahkan sok ide membandin-bandingkan dengan produk lain, para produsen lokal kita sudah melakukannya untuk kalian.



Masih cari yang murah? pergi ke toko olahraga yang menjual raket badminton, mall atau malah toko buku mungkin kalian masih bisa menemukan skateboard full set dengan harga 300 ribu perak yang mungkin papannya di buat dari pohon kayu nangka dan stainles steel bukan besi baja untuk trucknya, itu udah murah banget silakan pakai itu, lalu bagaimana dengan standart keamanannya? cuma kalian dan tuhan yang tau. Sebagai konsumen seyogyanya kita harus lebih wise mencari harga terbaik, kenapa terbaik? karena murah belum tentu baik dan mahal belum tentu bagus, atas dasar inilah baiknya skateboarder selaku konsumen mampu untuk menggunakan intuisinya dalam menentukan standart "murah" dalam menentukan produk yang akan digunakannya. Karena ketika kalian bertanya barang "yang paling murah" kepada shopkeeper dari sebuah skateshop tentunya kalian hanya akan membuat mereka bingung dengan definisi murah yang kalian lontarkan, kenapa? karena rata-rata parts yang paling murah dari skateboard itu sendiri seperti nuts (baut) harganya bisa jadi lebih mahal dari satu porsi nasi padang yang bisa bikin kalian kenyang seharian.

Jadi standart murah seperti apa yang kalian maksud? please be smart buyer guys



See our product here



Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving