WONDER INTERVIEW WITH - MAZINI HAFIZ


Halo skateboarder Indonesia yang gemar membaca! *membaca untuk kepo juga gak apa apa sih, hahaha.. ngomong-ngomong kalo kalian rajin baca majalah Happen Skateboarding Magazine mungkin kalian bertanya darimana atau dari siapa asal foto-foto keren para skateboarder yang ada di dalamnya? yang pasti foto-foto tersebut berasal dari kontributor / fotographer nya happen di seluruh indonesia, biasanya ada caption kecil di sisi majalah yang bertuliskan nama si "tukang poto". Nah! kalo kalian sering liat ada caption bertuliskan "Photo by : Hafiz" kali ini wonder berkesempatan untuk ngobrol dan sharing bareng dia.. Please welcome Mazini Hafizhuddin semoga interview kita kali ini mampu menambah wawasan kalian atau mungkin menginspirasi kalian untuk menjadi seorang Skateboard Photographer! #marimembaca



Halo fiz gimana kabar lo?
Kabar gw baik yo..lo sendiri gmn?lega ya udh nikah?hehe (Ngehe!)

Untuk sebagian orang mungkin belum mengenal lu sebagai skateboard photographer, please introduce yourself!
Perkenalkan Nama gw Mazini Hafizhuddin biasa dipanggil hafiz. Asal gw dr jakarta dan skrng bermukim di depok..Gw mulai kenal skate dr thn 2000an,dan mulai kenal fotografi nya di thn 2005. sebenernya gw moto ga cuma skate aja tp jurnalistik dan street fotografi, tp kesininya lebih suka moto olahraga terutama skateboard. Berawal dr kecintaan gw sama olahraga ini lah akhirnya gw memutuskan untuk fokus moto skate. Sekitar thn 2007an gw mulai jd kontributor happen skateboarding mag dan beberapa kali di ksh kepercayaan untuk mengisi kolom highlight..terima kasih buat om naren atas kepercayaannya.

The best photo taken by Hafiz


Menurut lo bagaimana skateboard indonesia seharusnya? (ramdhan hp)
Harusnya sih skate indonesia punya identitas sendiri dlm skateboard. seperti amerika dgn permainan bignya, eropa dgn technicalnya, jepang yg raw. jadi skate indonesia ya skate indonesia bukan amerika,eropa atau jepang. klo kita udh dpt identitas di skate kita,kita akan di pandang di dunia skate internasional. Dewasa ini gw melihat indonesia terlalu berkiblat ke amerika dan terlalu ngikutin bgt mereka dr style sampai gaya hidup yg ugal2an, padahal budaya, spot  dan lingkungan disini beda sama mereka, hrsnya kita bermain tergantung apa yg ada di sekitar kita, apapun spot yg ada hrsnya bisa kita kreasikan, pelajari skill mereka dan aplikasikan di lingkungan kita. Gw melihat kebanyakan skateboarder kita mengeluh(manja) dgn spot disini, floornya kasar lah obstaclenya ga perfect lah. klo pengennya spot perfect sperti mereka susah klo ga ada masa kita ga maen, klo mau kaya gtu mending kluar negri aja, klo kaya gtu kapan indonesia mau di kenal di luar? Di lain sisi gw melihat skate indonesia terkotak2 kaya ada jarak antar skateboardernya dan industrinya Misalnya yg pro/am merasa dia paling jago dan ga mau berteman dgn yg baru belajar. Harusnya mereka ngebimbing yg baru belajar jadi dunia skate di indonesia trus berkembang dan ada penerusnya. Sama jg dgn industri disini kbykan yg di support yg punya nama beken doank,padahal msh byk yg lbh ok maennya di banding mereka2 itu. Gw berharap baik dr skaternya, industri dan media bisa sama2 berangkulan saling support agar skate di indonesia bisa maju. Jgn mau menang sendiri yg akibatnya saling ejek dan menjatuhkan.

Apa lu akan bertahan dengan profesi lo sekarang ini? Dimana masih banyak profesi lain di dunia skateboard?
Gw udh terlanjur cinta sama dunia ini(skate)..gw pernah sblmnya jd fotografer di sbuah media ternama di indonesia tapi gara2 di pikiran gw skate trus jadinya gw ngundurin diri..gw mau fight di skate gw mau liat skate maju dan di kenal sampe keluar negri dan tmn2 gw bisa hidup dr skate.

Seberapa penting pengaruh media terhadap skateboarders?
Menurut gw peranan media penting bgt..media itu selain sbg sarana penyebar informasi tp jg sbg sarana edukasi.. Edukasi ini sih yg menurut gw penting. Mungkin kita yg udh lama terjun di dunia skate lbh tau byk tentang skate itu separti apa, rootsnya kaya gmn dll.. Tapi bagi orang yg baru belajar pengetahuannya terbatas.. Nah disinilah peran media seharusnya yaitu mengedukasi dan memberi info scara detil dan tepat mengenai skateboard itu sendiri agar mereka bisa lebih maju dan bisa menjadi penerus dr skate di indonesia ke depannya.


Pada awalnya Hafiz juga seorang skateboarder
sama sepeerti kita #eeaaa #biardramatis

Media cetak or online? Why?
Untuk saat ini gw lbh milih media online, karna Di era komunikasi yg semakin canggih ini dimana internet bisa di kategorikan sbg kebutuhan pokok menurut gw media online lbh praktis dan lbh mudah untuk menjangkau smua kalangan dan wilayah. Siapapun dan di manapun bisa mengaksesnya dan Kita ga harus repot2 nyetak dimana membutuhkan biaya yg ga sedikit.

Pendapat lu tentang pertanyaan-pertanyaan ngga penting yang sering di lontarkan mereka yang memang skateboarder "atau yang mengaku skateboarders" di social media seperti facebook?
Mungkin itu cerminan kondisi skate di indonesia saat ini, mungkin informasi yg mereka dpt msh terbatas jadi yg mereka tau terbatas bgt.. Makanya disini peran media yg hrsnya mnyebarkan informasi terkini seputar skateboard, jadinya mereka ga ketinggalan jaman.

Lu adalah seorang skate photographer sekarang lu juga uda mulai merambah sebagai skate filmer, beberapa karya lu banyak di apresiasi positif oleh para skateboarder.. Apa ada value lebih dari hal itu untuk lu pribadi?
Sebenernya gw masuk ke dunia video karna gw ngeliat tmn2 gw jago2 bgt maen skatenya tp ga ada yg ngeliat, ya udh gw coba bljr video dan mulai bikinin video buat mereka biar mereka di liat. Dan juga gw ngeliat di indo bikin video itu hal yg langka bgt, gw aneh karna orang indo lbh suka ikut kompetisi drpd bikin video partnya, padahal di luar sana seseorang di anggap jago atau pro karna video part mereka bukan karna byk menang kompetisi..hrsnya seimbang antara ikut kompetisi dan video part. Klo byk yg mengapresiasi    Karya gw ya Itu tandanya karya gw bisa di terima dan itu jg jd penyemangat gw buat selalu berkarya yg lbh bagus lagi. Gw orangnya pngen trus berkarya dan ketika lo puas dgn hasil karya lo itu, rasa puasnya kaya lo menang lotre dimana setengah galaxi adalah milik lo..

Hafiz filming with Tommy Finn

Saat pro DC ke indonesia beberapa waktu lalu, lu adalah salah satu official photographer yang di tunjuk untuk ngeliput mereka.. How do you feel? Satu hotel, party bareng, hang out bareng dsb.
Rasanya gmn ya? kaya lo di santet + di vudu sekaligus. Gw smp bingung mau ngomong apa sama mereka saking byk yg mau gw tanya dan akhirnya karna grogi gw kaya membeku di depan mereka haha. Pada dasarnya gw orang yg ga suka party tapi berhubung party sama pro2 itu, ya udh kapan lagi ya kan haha.. Sebuah moment berharga bgt buat gw bisa satu bis, satu hotel dan bisa party bareng mereka. Mungkin moment ini ga bakal pernah terulang lagi. Tapi yg buat gw kecewa karna gw ga bisa liat mereka maen di street spot karna waktu mereka singkat bgt. Karna gw mau liat cara kerja mereka pas lg filming, sperti cara mereka liat spot, gmn menghadapi security dll yg mungkin berguna buat gw berkarya ke depannya baik foto maupun video.

DC Pro - Tommy Finn
Photo taken by : Hafiz


Seandainya lu di daulat untuk mencerdaskan skateboarder indonesia apa yang akan lu lakukan? Hahahaha
Gw bakal jadi dosen skateboard di universitas skateboard indonesia haha.. Apa ya?bikin media kli ya heehehe..

Sedikit bocoran dong buat project skate video terbaru lo
Gw lg bikin video skate yg smua di ambil malam hari yg judulnya arwah zombie kecoa gentayangan haha..Mudah2an deket2 ini bisa kluar dan bisa memberi motifasi klo kita bisa koq bikin video skate yg bagus dgn cara kita sendiri.

Poster Ilustrasi hahahaha #hafiztai


Pendapat lu tentang mereka yang selalu minta suport tanpa berusaha lebih.. Dan sindir kiri kanan?? Hahaha
Mungkin ciri khas masyarakat kita yg pengen sukses tanpa usaha lebih dan kurang menghargai proses jd smuanya maunya instant padahal dasarnya blum matang. Udahlah mending kita sama2 berusaha semaksimal kita n berikan yg terbaik buat scene ini, ntr juga ada yg liat klo emang kualitas kita ok, berfikir untuk jadi yg terbaik bukan berpikir untuk uang dll.. Buat yg suka sindir kiri dan kanan udah lah mending kita bangun scene ini bareng2, scene ini msh kecil bgt bukan insustri milyaean kaya di amerika sana, drpd buang energi hujat sana hujat sini mnding kita rapatkan barisan buang jauh2 sifat mau menang n untung sendiri. Klo scene ini maju kita2 jg koq yg untung.


Hafiz mantannya Nikita Willy #skategossip

Thanks banget uda mau meluangkan waktu lu untuk jawab pertanyaan-pertanyaan dari gw and temen2, what would you say thanks for!
Thx to allah swt.. Kluarga gw yg kurang ngedukung gw yg kerjaannya maen skaten balik pagi trus ahha..slide fotografi perbanas(gw mengenal foto disini), galeri foto jurnalistik antara(gw byk dpt ilmu foto jurnalistik dan street foto disana), happen skate mag(makasih atas kepercayaannya selama ini),anak skate depok, senayan pintu 6(gw ga sebutin satu2 takut ada yg ga kesebut hehe..), anak skate jogja, semarang.. Dan pastinya buat wonder park makasih byk udh di kasih kesempatan buat di interview..maaf klo agak lama jawabnya hehe..



Copyright © WNDR. live your life likescurving