Senayan skateboarder: An Indonesian History of Skateboarding





Bicara tentang skateboard di Indonesia sepertinya kurang lengkap jika tidak membahas tentang komunitas skateboard di Senayan, Jakarta. Komunitas yang terbentuk dari awal tahun 90-an ini telah banyak melahirkan talent, karya, dan movement yang berpengaruh terhadap skateboard scene, terutama di Jakarta. Pada hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2018 lalu, komunitas skateboard yang telah bertahan hingga lebih dari 20 tahun ini berkesempatan berbagi cerita lika-liku perjalanan mereka di dunia skateboard, dalam event yang bertajuk "An Indonesian History of Skateboarding". Event tersebut diselenggarakan di @Amerika, lantai 3 Pasific Place, SCBD, Jakarta, yang merupakan pusat kebudayaan Amerika Serikat.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB ini terbagi dalam beberapa sesi, antara lain sesi nonton bareng film dokumenter sejarah perjalanan komunitas Senayan Skateboarder, dilanjutkan oleh sesi diskusi yang dipandu oleh Leopold Anggi sebagai moderator. Menurut kami event ini terbilang cukup unik, karena biasanya event skateboard selalu dipenuhi dengan hingar bingar musik, peserta yang ramai, serta lalu lalang skateboarder yang mencoba obstacle. Namun berbeda pada event kali ini, skateboarder atau tamu yang datang harus duduk manis dan ikut ambil bagian dalam diskusi yang dipaparkan oleh para narasumber, yakni Johan Tambunan, Nareendra Kameswara, dan Heytuta.




Tak hanya membahas tentang sejarah Senayan Skateboarder, komunitas sebagai keluarga, tips berkarya tanpa harus mengesampingkan hobi skateboard, hingga perkembangan komunitas maupun industri skateboard di Indonesia, juga menjadi topik menarik yang diangkat pada sesi diskusi dalam event tersebut. Meskipun skateboarder yang hadir tidak seramai di event-event skateboarder pada umumnya, tetapi acara talk show semacam ini sangat menginspirasi, karena kita sesama skateboarder dapat sharing pengalaman yang tentunya dapat menambah wawasan. Apalagi narasumbernya adalah para skateboarder yang telah lama berkecimpung di dunia skateboard dan masih bertahan hingga sekarang.

Usai acara, wonderskateboarding.com mewawancarai beberapa pengunjung mengenai event tersebut. Hampir semuanya berpendapat bahwa semoga kedepannya dapat diselenggarakan kembali event skateboard seperti ini, karena sangat inspiratif. Melalui event seperti ini, banyak informasi yang dapat dibagikan kepada kita para skateboarder bahwa skateboard bukan hanya sekedar main, tetapi di dalamnya ada aspek-aspek penting terkait, seperti "family", solidaritas, dan karya.
Berikut highlight video keseruan event ini yang diabadikan kamera wonderskateboarding.com:






Untuk kawan-kawan skateboarder yang tidak sempat hadir pada event tersebut, berikut kami coba sajikan video event presentasi Senayan Skateboarder & pemutaran video dokumenter mereka di @Amerika dari awal hingga akhir, selamat menyaksikan:

http://www.wonderskateboarding.com/2018/05/full-video-streaming-senayan.html





Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving