SMARTEST BOMB KOLEKTIF - SUARA BERSERIKAT



 


JAKARTA – Dalam situasi sekarang ini, pandemi masih saja belum bisa terselesaikan, walaupun vaksin sudah mulai didistribusikan ke masyarakat luas. Permasalahan pandemi ini semakin mengancam para pekerja di Indonesia yang tetap harus menjalankan hidupnya ditengah pemotongan hingga pembatalan kerja. Kebijakan pemerintah tentang disahkannya Omnibus Law undang-undang cipta kerja juga makin memperparah kondisi sekarang, yang disinyalir hanya menguntungkan bagi para pemodal, investor dan perusahaan. Mulai dari hilangnya upah minimum, hilangnya jaminan sosial, berkurangnya pesangon PHK, hingga ketidakjelasan nasib pekerja kontrak dan outsourcing.

Sebagai bentuk solidaritas dan apresiasi kami untuk kelas pekerja hari ini, secara kolektif Smartest Bomb Records bersama Image Maker dan Vulture Studio membuat Showcase dengan judul “SUARA BERSERIKAT” pada Sabtu, 1 Mei 2021 dengan konsep live band dan talkshow, kami menginisiasi teman teman musisi untuk ikut bagian dalam kegiatan acara ini. Beberapa line up hadir beragam genre musik mulai dari Oi! Music, Punk, Post-Punk, Hardcore hingga Grind Core. Showcase ini akan ditayangkan secara langsung di channel Youtube Smartest Bomb Records pada jam 20.00 - 21.30 WIB.

“SUARA BERSERIKAT” adalah sebuah gagasan untuk menyatukan sebuah pesan dari para musisi untuk merawat dan memaknai hari buruh, momentum dimana gerakan buruh berhasil mendorong kebijakan kerja 8 jam/hari, hak cuti, hak melahirkan, hingga May Day menjadi hari libur nasional.

Dalam showcase ini, berikut adalah beberapa line up yang memeriahkan ‘SUARA BERSERIKAT” yaitu Motives, band ini berisikan beberapa orang lama dalam skena musik Jakarta, terbentuk di tahun 2001, dari pertama terbentuknya, Motives masih diisi dengan formasi awalnya yaitu Tony, Bayu, Dodi dan Edo minus Alm. Rully Annash. Di tahun 2021 ini Motives mengaktifkan Kembali dan membentuk ulang format mereka dan siap meluncurkan single terbaru mereka dengan nuansa punk di era keemasannya di tahun 77.

Setelah itu juga ada The End, yaitu band Oi! Skinhead Asal Jakarta yang sudah terbentuk pada tahun 1993, dari awal terbentuknya The End selalu konsisten membawakan musik Oi! Yang mengangkat lagu bertemakan hak-hak kelas pekerja. Hingga saat ini The End masih aktif dan merilis single di tahun 2020 dengan judul “Politics”.

Di unit Grind Core, showcase ini menghadirkan Cryptical Death, yaitu Jakarta Grinding Hardcore Punk yang sudah terbentuk di tahun 1997. Di tahun 2000, Criptycal Death merilis debut mereka yaitu “Fight, Survive & Existance”. Saat ini mereka dipersatukan Kembali ditengah pandemi untuk merilis single terbaru mereka. Dengan semangat dan energi baru di formasi ini Cryptical Death  siap untuk menghentakan musiknya di “SUARA BERSERIKAT”.

The North Palm merupakan band post-punk revival, terbentuk di tahun 2010 hingga sekarang, mereka konsisten membawa tema isu lingkungan dan kritik sosial didalam lirik lagu mereka. Di tahun 2018 dalam naungan Affair Records mereka merilis EP dengan judu “10/16” dalam format kaset. Dalam Showcase ini mereka akan membawakan single terbarunya yang akan masuk dalam EP terbaru mereka tahun ini.

Dilanjut oleh The Valid Oi! Street Punk asal Jakarta ini yang sudah terbentuk di tahun 2010 dan merilis EP pertama mereka dengan title “The Killing Dream” Band ini siap merilis album penuh mereka ditahun ini. Dengan nafas dan formasi baru The Valid akan menggetarkan panggung “SUARA BERSERIKAT” dengan anthem-anthem punk mereka.
Terakhir diisi oleh Outrage, Hardcore Punk Crossover unit asal Jakarta ini akan hadir di Showcase ini. Rilisan terbaru merka tahun ini split album dengan Humanimal yang berjudul “Humanrage”. Dalam “SUARA BERSERIKAT” Outrage akan memainkan dua lagu dengan leburan Heavy Metal dan Hardcore dengan riff-riff groovy dipadu dengan lirik tajam.

Di showcase kali ini dipandu oleh Yullipopes untuk mengajak para musisi membahas pesan-pesan dalam lagu mereka dan pendapat mereka tentang kelas pekerja dan hari buruh dimasa sekarang ini. Showcase ini dukung juga oleh BERAK, LBRS MERCH, GINGHAM BOX, LAWLESS BURGERBAR dan LAWLESS DOGBAR. Media partner untuk showcase ini dibantu oleh 97,5 PLAY FM Palembang dan RAD MEDIA.

“SUARA BERSERIKAT” berharap dapat menjadi bagian dari perayaan May Day tahun ini. Menjadi alternatif suguhan untuk kita semua khususnya untuk para pekerja yang terus berjuang untuk hidup layak dan sejahtera. Perjuangan dan perjalanan masih panjang, Acara ini satu dari kesekian langkah untuk mewujudkan mimpi bersama. Satu hari kawan, rapatkan barisan, mari rayakan.


Salam
Smartest Bomb Records




 

Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving