Memilih Trucks High atau Low?





Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membeli truck skateboard baru. Ukuran lebar "hanger" yang sesuai dengan ukuran papan skateboard adalah hal pertama yang biasanya banyak dipertimbangkan. Lantas bagaimana dengan Ketinggian Truck? Lalu mana yang terbaik, tinggi atau rendah? Mari kita lihat opsi-opsi yang mungkin dapat membantu kamu untuk membuat pilihan yang tepat.

Pertama, perlu dipahami dulu ya bahwa tidak ada standar ukuran pasti untuk ketinggian sebuah truck skateboard, masing-masing industri atau perusahaan membuat standar ketinggiannya sendiri. Ketika kita berbicara tentang ketinggian truck, kita mengacu pada jarak keseluruhan dari baseplate (bagian plat bawah) sampai ke bagian atas atau hanger.
 


LOW SKATEBOARD TRUCK
  
Truck low pada umumnya digunakan untuk technical skating (flip trick dll). Karena pendek, jarak roda dan truck jadi lebih dekat ke papan (pop tail), sehingga menciptakan pusat gravitasi dengan jarak yang dekat dan membuat trik flip mungkin sedikit lebih mudah. Untuk truck low kamu akan lebih cocok menggunakan wheels dengan ukuran yang lebih kecil, 48mm hingga 53mm, untuk menghindari wheels bite (roda mengikis papan). Truck low cocok untuk grind di ledge dan general technical skating. 

HIGH SKATEBOARD TRUCK 

Truck high memiliki kemampuan manuver lebih baik karena pivot pada truck dapat berputar lebih jauh. Hal itulah yang memungkinkan lebih banyak pergerakan. Wheels yang lebih besar, seperti 53mm hingga 58mm cocok untuk truck jenis ini dan juga dapat mengurangi kemungkinan wheels bite karena axle berada agak jauh dari deck. Sebagai catatan, mungkin kamu akan sedikit terasa loose ketika mencoba truck high. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengganti tingkat kekerasan bushing.

APA JADI LEBIH NGEPOP?
  
Oke ini masih merupakan hal yang diperdebatkan, kenapa? ada yang mengatakan salah satu dari jenis truck tersebut lebih oke untuk dapetin pop. Namun argumen yang perlu diingat bahwa yang menentukan pop umunya berdasarkan seberapa dekat jarak pop tail dengan flat ground dan seberapa cepat skateboarder bisa melakukan "hentakan pop". Namun dalam kenyataannya ada banyak variabel yang ikut berperan. Misalnya kamu dapat mengubah ketinggian keseluruhan papan dengan ukuran wheels, sehingga roda besar pada truck low akan memberikan ketinggian yang sama dengan truck high pada roda kecil. Bentuk dari deck dan kemiringan tail juga kembali mempengaruhi 'geometri pop' hahhaa jadi kembali lagi intinya pop bisa dipengaruhi oleh set-up kamu sendiri. Oiya perlu di ingat juga beberapa pabrikan juga menyediakan truck dengan ketinggian middle untuk kamu yang tidak mau ambil pusing untuk masalah low atau High.

KESIMPULAN 

Yap Semuanya tergantung pada preferensi pribadi ya dan kamu akan menemukan set-up yang pada akhirnya jadi "kamu banget yang intinya baik high atau low biar kamu yang rasakan sendiri tapi jujur nih, ada faktor-faktor berpengaruh yang penting untuk dipertimbangkan, seperti lebar truck dan ukuran wheels juga menentukan nyamannya set-up kamu. Tapi sebagai panduan kasar kita coba buat kasifikasi untuk kedua jenis truck tersebut ya :

Untuk Technical skateboarder yang lebih prefer main di skatepark dan banyak melakukan flip trick dan main ledge - Cobain di Low Trucks.

Skateboarder transisi, bowl, pool, loose truck, big ollies, street skating - Coba High Trucks.


 

Thanks to : skatewarehouse 





Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving