Cianjur Skateboard Movement : Taman Kreatif Joglo

Kehadiran sebuah skatepark di suatu kota memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan skateboard scene di wilayah tersebut. Skatepark dapat menjadi pusat bertemunya berbagai lapisan masyarakat skateboard, mulai dari senior hingga junior, atau apalah kita menyebutnya. Dari sana akan banyak bermunculan talent, konsep, pergerakan, hingga ide baru yang akan berjalan dan berdampak langung bagi komuitas ini. Meskipun keberadaan skatepark belum merata di tiap wilayah di Indonesia, perlahan perkembangannya sudah mulai terlihat. Kota-kota satelit penyangga kota besar kini mulai membenahi ruang terbuka hijau mereka dan beberapa di antaranya telah menambahkan fasilitas skatepark pada site plan mereka.

Sebut saja Kota Cianjur, yang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit.  Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur tengah melakukan proses pembenahan dan penataan di beberapa titik terbuka hijau mereka dengan melakukan renovasi dan menambahkan fungsi dari beberapa taman-taman yang tersedia di kota ini. Salah satu taman yang menjadi perhatian adalah Taman Joglo. Taman seluas 2 hektar ini telah menjadi taman yang memiliki fasilitas skatepark di dalamnya.

Skatepark Taman Joglo

Dinas yang bekerjasama dengan komunitas Cianjur Skateboarders ini telah menyelesaikan proyek pembangunan skatepark Taman Joglo. Skatepark yang dibangun secara proper atas koordinasi yang baik antara pemerintah dan komunitas terkait ini dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam melakukan pembangunan arena skatepark. Skatepark ini memiliki obstacle yang bersahabat, baik secara ukuran dan penempatan obstaclenya. Jadi semua kalangan baik pemula maupun skateboarder yang telah mampu bermain dapat menggunakan skatepark ini dengan baik. Pemanfaatan lahan juga dilakukan secara maksimal. Alhasil skatepark ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari street section hingga bowl.

Skatepark Taman Joglo telah diresmikan pada tanggal 7 Juli 2018 dan akan melangsungkan kompetisi tematik pertamanya pada tanggal 21 Juli 2018 yang diberi nama JAGO #1 Skateboard Competition. Kompetisi skateboard ini menghadirkan 4 kelas / kategori sebagai berikut:
  1. Under 15
  2. Beginner
  3. Open
  4. Best Trick F.S.B Section "Open"









Buat kamu yang penasaran ingin merasakan obstacle di sana, skatepark Taman Joglo ini beralamat di kamu dapat mencari lokasi taman ini via google maps dengan kata kunci "Taman Kreatif Joglo". Kamu juga bisa follow instagram komunitas skateboard Cianjur di @cianjurskateboarders. Tidak lupa kami ucapkan selamat dan salut  kepada komunitas Skateboard Cianjur untuk movement yang berjalan dengan baik ini.





Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving