CITY CONNECTION: Sragen Skateboarding



Senang rasanya melihat skateboard berkembang hingga ke berbagai pelosok di Indonesia. Tak melulu di kota-kota besar, komunitas skateboard di daerah suburban pun telah mulai menunjukkan kiprahnya. Salah satunya adalah Kabupaten Sragen.

Secara umum tak ada perbedaan yang mencolok antara komunitas skateboard Sragen dengan komunitas skate di kota lain. Namun mengingat jumlah skateboarder di Sragen ini tidak terlalu banyak, semangat mereka untuk mengobarkan semangat skating terbilang cukup tinggi. Meskipun banyak skateboarder senior Sragen yang sudah merantau, tetapi perhatian mereka akan perkembangan komunitas skateboard di kota asalnya ini tidak luntur.



Baru-baru ini komunitas skateboard Sragen pun telah menyelenggarakan event bertajuk "Skate Kaget". Mengingat letak kota yang dijuluki Bumi Sukowati ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta tidak telalu jauh dari Yogyakarta, event ini pun dimanfaatkan oleh para skateboarder asal 3 provinsi di Pulau Jawa ini sebagai ajang reuni.

Mau tahu gimana komunitas skateboard di kota suburban ini berupaya mempertahankan eksistensinya? Berikut obrolan singkat wonderskateboarding.com bersama Yusep Mika salah seorang skateboarder senior asal Sragen.  

Yusep Mika - photo by @ronydapa

Tahun berapa komunitas skateboard mulai berkembang di Kota Sragen? 
Awal berkembangnya skateboarding di Kota Sragen di mulai awal tahun 2000-an. 

Bisa diceritakan gimana sih gambaran besar skate scene di Kota Sragen? 
Seperti kota kecil lainnya perkembangan skate di Kota Sragen masih kurang peminatnya, dikarenakan kurang nya fasilitas di Kota Sragen. Tetapi regenerasi tetap ada tiap tahunnya walau hanya beberapa yang konsisten bermain skate setiap generasinya.

Kira-kira sampai saat ini ada berapa orang skateboarder yang masih aktif main atau ngumpul di komunitas skate Sragen? 
Untuk yang masih aktif bermain skate ada sekitar 15-25 orang. Sebagian besar sudah bekerja dan merantau di luar Kota Sragen.


Apakah saat ini komunitas skate Sragen sudah terstruktur dalam artian ada ketua atau bersifat cair?
Untuk organsasinya sendiri bersifat cair, akan tetapi ada bendahara tetap untuk mengelola uang kas organisasi. Untuk keputusan-keputusan yang menyangkut kelangsungan organisasi dilakukan dengan musyawarah dan atas petunjuk para senior.

Di kota sragen sendiri ada Hot issue apa?
Hot issue nya sih lagi banyak berkeliaran ABG (kimcil), hahaha... Hot news nya yang baru panas yaitu ketika kita ngadain Skate Kaget dimana banyak komunitas skate di sekitaran Jawa tengah dan sekitarnya "kaget" karena sudah banyak para senior skate Sragen yang merantau keluar Kota Sragen, sedangkan anak-anak skate Sragen yang baru jarang keluar kandang (trip / ikut lomba di luar kota). Skate Kaget kemarin merupakan ajang reunian para skateboarder lawas Jateng, Jatim dan Jogja.

Event Skate Kaget - photo: fokusjateng.com

Sarana apa aja yang sudah didapatkan oleh komunitas skate Sragen saat ini?
Sebenarnya ada Skate park di Kota Sragen yg dibangun sekitar tahun 2002. Akan tetapi keadaan nya saat ini sangat memprihatinkan, floor-nya sudah hancur dan saat ini belum ada tanda-tanda akan di renovasi.

Spot seru di Kota sragen?
Spot reguler kita ada di jalan depan rumah dinas Bupati Sragen. Untuk spot lainnya ada di alun-alun kota dan trotoar sepanjang jalan Kota Sragen.

Skateable Ditch

Dimana tempat hang out after skate?
Biasanya kita makan (wedangan) di angkringan untuk sekedar sharing tentang dunia skate dan info terbaru tentang skate.

Ada ngga sih nilai-nilai, kebiasaan atau kegiatan yang menjadi ciri khas komunitas skate Sragen? 
Menurut saya ga ada ciri khas yang mencolok skate di Kota Sragen. Mungkin cuma waktu bermainnya saja kita mulai dari sore sampe larut malam.

Late nite dinner

Upaya apa aja yang dilakukan komunitas skate Sragen supaya skate scene di kota ini tetap solid?
Mungkin konsisten bermain dan juga terbuka dan ramah kepada anak-anak baru yang mau join skate.

Dalam Waktu dekat apakah ada movement atau event yang akan dibuat oleh komunitas di Sragen?
Untuk event kita baru aja ngadain kompetisi Skate yang kita namain "Skate Kaget". Untuk event selanjutnya kemungkinan kita akan ngadain "Skate Kaget 2"

Apa harapan untuk komunitas skate sragen ke depannya?
Untuk harapan nya agar floor skatepark yang sudah ada di renovasi.


Thank you Mas Mika untuk waktunya. Sukses selalu untuk komunitas skateboard Sragen dan seluruh kawan-kawan skateboarder di seluruh Indonesia tentunya. Keep skating Brother..  



Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving