WONDERPARK INTERVIEW - BROJJOL


Wonder ngga pernah meragukan karya seniman grafis indonesia entah itu graffiti, mural, sketch, digital art atau apalah, karena sejauh yang kami temui dan akhirnya kami kenal anak-anak muda pecinta grafis selalu mampu memukau kami dengan karya mereka, salah satu nya pemuda harapan bangsa satu ini, seorang skateboarder pecinta seni grafis, datang dari semarang, kuliah di jogja membuat sebuah sarang disana dan menghasilkan karya yang oke punya, langsung aja kita berbincang bareng mas BROJJOL.

Yo mas Brojjol, apa kabar?
Yooo massseee.alhamdulilah kabar baik salam dua jari ngempit, wekeke malah black campaign.

Btw itu serius nama asli? hahahaha please introduce yourself buat temen-temen yang lagi baca artikel ini?
Namaku Sofyan Hidayat kesibukan sehari-hari masih kuliyah kalo ga cari job ya gambar-gambar dan skating aja, awal mulanya di panggil brojjol dari temen-temen skate di semarang, mungkin mereka sayang banget sama aku jadi sampe bikin nama yang ‘khas’

//Emang anak-anak semarang pada kreatip kalo ngasi nama

nollie backsmith photo by yeyek

Belum lama lo berkolaborasi dengan brand Bringback series untuk pembuatan limited long sleve dan hasil akhirnya keren banget, bisa di ceritain sedikit tentang proses kolaborasi ini?
Awalnya sih gak nyangka aja diajakin collab sama bring back yang aduhaiii keren banget, Si adam nglirik-nglirik aku gitu pas ketemu di semarang!! eh taunya mau di ajakin collabs sama dia. Terus kalo bikin di long sleve itu emang  idenya si adam, Aku bikin artwork dan dia yang eksekusi buat layout di bajunya dan pas jadi dannkkk! Keren banget, thanks adam!! 

Brand Collabs between Brojjol & Bringback Series
Do you have get a job doing artwork for a skate company ?
hhhmmmm, belum tuh. Emang wonder mau bikin papan terus mau collabs sama aku??Mauu??hahahaaa

//Kalo papan udah biasa masse, nanti kita bikin piring terbang!

Di interview sebelumnya dengan Julian Scrozinsky, dia bilang dia stay di jogja bareng skateboart foundation, are you part of it ? and what is that?
Iya benar, Aku part dari SkateboArt Foundation. Awal mulanya bikin, karena emang kita satu kontrakan dan main skate bareng di jogja, terus kita emang basicnya kuliah seni, yaudah deh kita dedikasikan skateboard lewat Art jadinya SkateboArt. So kalo sempat mampir ke studio kami ada sesuatu yang bisa di koleksi buat di rumah masssee!!hehehe

//Asheekkk... 

Artist yang paling berpengaruh sama karya-karya lo? alasannya?
Artist yang berpengaruh buanyakkkk banget masbro, sampe gk bisa di sebutin satu persatu. Tapi yang paling sering menginspirasi aku ya Pontus Alv (polar skateboard) dan tentunya artist-artist di jogja juga banyak banget yang keren.

Brojjol and his Art, photo by indra arista

Cinta pertama, Skateboard atau Menggambar? hahahaha
Ya skateboard dong!! Soalnya sebelum kenal jauh sama art aku udah main skate duluan.

Menurut lo di Jogja sendiri perkembangan seni grafis dengan skateboard sekarang ini seperti apa? 
Pertanyaan yang ini agak syusyah nich jawabnya, ya kalo menurut  aku, berkembang pasti. Bisa di lihat kok dari industry skateboardnya sendiri. relative buat siapa aja  yang melihatnya. Kalo mas sendiri lihatnya gimana?hahaha

//Kalo belom pada bisa makan dari skateboard berarti belum hahaahahahaha...


Last nih masse, Thanks uda mau ngobrol bareng wonder, kapan-kapan lo musti main kesini lagi and make some artwork ya!
Ya masses, pasti!!  see you there salam buat anak-anak.  
Matur suwun. –all the best-


Lihat karya-karya dari brojjol disini  www.brojjol.tumblr.com



Copyright © WNDR. live your life likescurving