Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Wheels Skateboard


Wheels atau roda menjadi salah satu komponen penting dalam merakit sebuah skateboard. Iya dong penting, karena kalau ngga ada wheels, gimana skateboardnya bisa meluncur, ya ngga Bro, hehe.. Wheels skateboard terbuat dari bahan polyurethane, yaitu material yang memiliki keunggulan tahan gesek, tahan aus, dan stabil dalam suhu panas maupun dingin.


Wheels skateboard diukur dengan diameter dan durometer. Diameter di sini maksudnya ukuran roda, sedangkan durometer adalah kekerasan wheels. Ada berbagai ukuran, warna, dan tingkat daya tahan wheels skateboard. Hal ini disesuaikan dengan style skating kalian Bro.

Gimana sih cara memilih diameter wheels yang pas buat deck kita?

Diameter wheels diukur dalam satuan milimeter (mm). Semakin rendah milimeternya maka semakin kecil rodanya. Sebagian besar wheels untuk skateboard berkisar antara 50-75mm. Diameter ini bisa mempengaruhi kecepatan. Intinya semakin kecil diameter wheels, semakin lambat kecepatannya. Sebaliknya semakin besar diameter wheels maka semakin cepat perputarannya. Tapi balik lagi, memilih besar kecilnya diameter wheels, tergantung pada kebutuhan skating masing-masing. Selain itu, tinggi dan berat badan juga mempengaruhi roda ukuran apa yang terasa tepat untuk kita.
  • Diameter 50-53mm : roda berdiameter kecil seperti ini cocok untuk temanyang bertubuh tidak terlalu besar. Tetapi wheels kecil juga pas digunakan untuk trik-trik teknis, karena lebih lambat sehingga bisa lebih stabil. Biasanya dipakai untuk skating di street, skatepark, ataupun bowl.
  • Diameter 54-59mm : untuk kalian yang bertubuh agak besar, wheels dengan ukuran diameter ini mungkin akan terasa lebih pas. Wheels berdiameter 54-59mm juga biasanya dipakai untuk skating street, skatepark, bowl, maupun vert ramps.
  • Diameter 60mm ke atas : khusus untuk longboard, old-school board, dan downhill, karena wheels berdiameter besar seperti ini dapat memberikan kecepatan dan keseimbangan ketika meluncur, bahkan di permukaan yang agak kasar.

Lalu cara memilih durometernya gimana? 

Durometer ialah untuk mengukur tingkat kekerasan wheels. Mayoritas produsen menggunakan durometer skala A, yang merupakan skala 100 point untuk mengukur kekerasan roda. Semakin besar angkanya maka semakin keras wheels tersebut. Secara umum, wheels yang hard tentunya akan lebih cepat dibandingkan dengan yang soft. Berikut beberapa panduan umum untuk lebih memahami durometer wheels:
  • Durometer 78a-87a : termasuk soft wheels, biasanya dipakai untuk longboard, downhill, dan street board, karena memang didesain dan digunakan untuk permukaan agak kasar.
  • Durometer 88a-95a : Sedikit lebih keras dan lebih cepat, tetapi masih oke jika digunakan pada permukaan kasar.
  • Durometer 96a-100a : Kecepatan wheels berdurometer ini cukup pas. Cocok untuk para beginner yang ingin skating di street, skatepark, ramps, pool, dan permukaan halus lainnya.
  • Durometer 101a : Wheels berdurometer ini merupakan yang terberat dan tercepat, sehingga terbilang sulit untuk menggunakannya karena cukup licin.
Nah itulah sekilas tentang diameter dan durometer untuk menentukan wheels apa yang cocok buat kita. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang wheels ya Brother.. :)

https://www.tokopedia.com/wndr/etalase/skateboard-wheels





Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving