Tips Memilih Skateboard Trucks yang Tepat



Apa itu Trucks?

Trucks adalah logam penyangga berbentuk T yang dipasang di bawah skateboard. Bisa dikatakan trucks merupakan komponen terpenting, karena bagian inilah yang mengaitkan antara deck, nuts, dan wheels. Trucks skateboard terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

1. Axle
Axle adalah pin panjang yang membentang di hanger, yang mana di bagian inilah wheels akan dipasang. 
2. Hanger
Hanger adalah potongan logam berbentuk segitiga yang merupakan bagian terbesar pada trucks dan berfungsi untuk menopang poros axle. 
3. Kingpin
Kingpin adalah baut besar yang dipasang di dalam bushing dan berperan dalam menahan semua bagian pada trucks. Namun demikian, kini kingpin berongga atau yang lebih dikenal dengan hollow kingpin cukup diminati, karena bobotnya yang lebih ringan tetapi tetap kuat dan aman.
4. Bushing
Bushing adalah karet uretane lunak yang menyerupai cincin dan dipasang mengelilingi kingpin supaya papan dapat berbelok serta berputar dengan lancar.


Jenis dan ukuran trucks juga dapat mempengaruhi stabilitas serta trik apa yang bisa kalian lakuin dengan skateboard kalian. Trucks juga bisa disetel sesuai dengan selera dan kenyamanan kalian masing-masing. Misalnya, kalian bisa memilih bushing yang soft agar lebih lentur dan mudah ketika berbelok. Atau kalian juga bisa memilih hard bushing supaya skateboard terasa lebih kaku ketika berputar. Biasanya hard bushing dipakai untuk street skating. So, kencang longgarnya setelan trucks kalian tergantung pada media apa yang akan kalian skating. Apakah street ataupun bowl?



Bagaimana cara menentukan ukuran trucks yang tepat?

Ukuran trucks diukur berdasarkan lebar axle atau hanger. Lebar axle dan hanger ini nantinya akan menentukan seberapa jauh jarak wheels pada skateboard kalian. Memilih ukuran trucks yang akan dipakai tentu harus disesuaikan dengan ukuran deck kalian ya Brother, karena hal ini bisa mempengaruhi performance skateboard kalian lho. Secara umum, memilih trucks yang tepat untuk ukuran deck yang dipakai ialah berpatokan pada ukuran axle yang harus lebih besar atau lebih kecil 1/4" dari lebar papan. Agar lebih mudah, berikut acuan pemilihan trucks yang biasanya digunakan:
  • Trucks 6" - 7.25" ⇒ deck 6.5" s/d 7.25"
  • Trucks 7.5" ⇒ deck 7.25" s/d 7.5"
  • Trucks 7.75" ⇒ deck 7.5" s/d 8"
  • Trucks 8.0" ⇒ deck 8" s/d 8.5"
  • Trucks 8.5" ⇒ deck 8.5" s/d 9"
  • Trucks 9.0" ⇒ deck 9" s/d 10"
  • Trucks 10.0" ⇒ deck 10" ke atas
Namun demikian, setiap brand trucks memiliki standar satuannya masing-masing. Akan tetapi, secara umum sebenarnya standar ukurannya sama, hanya penamaannya saja yang berbeda.



Pilih Trucks Low, Mid, atau High ya?

Low, mid, dan high ini dikenal dengan nama profil trucks. Lantas darimana sih ngukurnya? Profil trucks ini adalah jarak antara hanger dengan bagian bawah deck. Lagi-lagi profil trucks ini juga berkaitan dengan gaya skating kalian Bro. Berikut penjelasannya:

1. Low Trucks
Trucks ini dirancang untuk wheels kecil, antara size 50-53 mm. Trucks rendah (low) bisa memberikan kestabilan ekstra untuk gerakan tertentu, seperti trik flip.
2. Mid Trucks
Mid trucks ini direkomendasikan untuk wheels berukuran 53-56 mm. Trucks jenis ini cocok untuk skating di street maupun di park.
3. High Trucks
Trucks tinggi idealnya untuk wheels berukuran besar, direkomendasikan untuk size 56 mm ke atas. High Trucks cocok digunakan untuk carving maupun meluncur.


Nah, demikian tips memilih skateboard trucks yang bisa wonderskateboarding.com share ke kawan-kawan skateboarder yang mungkin baru mau main atau kebetulan lagi bingung mau pilih trucks yang gimana. Semoga dapat membantu ya Brother :)


Happy Skating :)


https://www.tokopedia.com/wndr/etalase/skateboard-trucks



4 comments :

  1. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic. It help me very much to solve some problems. Its opportunity are so fantastic and working style so speedy. Best Skateboard Trucks

    ReplyDelete
  2. Wow, cool post. I’d like to write like this too – taking time and real hard work to make a great article… but I put things off too much and never seem to get started. Thanks though. polyurea

    ReplyDelete
  3. I am not sure where you’re getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for great info I was looking for this info for my mission. exway-wave Exway Wave

    ReplyDelete
  4. Rikues, Bahas surfskate dong boss.. 🤙

    ReplyDelete

Copyright © WNDR. live your life likescurving