WNDR Interview with: Bagus Kurnia Saputra SURET Brand Owner

Interview With Bagus Kurnia Saputra

Pertama kali saya kenal dengan sosok Bagus Kurnia Saputra tahun 2012, ketika dirinya bermain di Wonder skatepark. Saat itu selayaknya skateboarder yang baru masuk ke komunitas, Bagus tampak seperti anak skate pada umumnya. Terus mencari tempat bermain skate, rajin ngulik trick dan seperti tidak kenal lelah. Namun seiring berjalannya waktu apa yang dicapai dirinya menurut saya berbeda dari kawan-kawan seusianya. Apa yang membedakan? Kini Bagus dikenal sebagai owner dari Brand Apparel SURET, brand yang berbasis di Bogor,  tepatnya Gunung Putri. 


 
Pencapaian dan proses yang dilalui oleh pria kelahiran 1995 ini terbilang cukup pesat. Dalam waktu kurang dari 5 tahun SURET berkembang dari hanya brand apparel rumahan dengan jumlah produksi yang sangat terbatas, berlanjut satu tahun kemudian SURET mulai memperbanyak jumlah produksinya dengan artikel dan design yang lumayan banyak diminati. Tidak hanya itu, tahun 2015 Bagus memberanikan diri untuk memproduksi papan skateboard dari brand SURET itu sendiri dan pada saat yang bersamaan ia mendirikan skateboard shop yang bernama SURET STORE.

Untuk kenal lebih dekat dengan Bagus, wonderksteboarding.com menyempatkan diri untuk mampir dan berbincang langsung dengan dirinya:


Q : Halo gus gimana kabar lo nih? usaha lancar?


A : alhamdulillah baik dan lancar2 aja nih


Q : Bisa ceritain awalnya lo tertarik sama skateboard dan akhirnya lo memutuskan untuk be part of this scene?
A : Awalnya gua tertarik sama skateboard itu pas gua lagi liat2 profile brand clothing di facebook disitu gua nemuin ada foto2 lagi maen skatenya dan menurut gua keren aja gituu hahaha. Dari situ gua penasaran deh dan pengen nyoba maen, akhirnya gua beli dah papan skateboard dan memutuskan buat maen skate dan ternyata susaaaah tapi bikin ketagihan hahaha.


Q : Gue denger lulus SMA lu ngga langsung kuliah tapi malah skating? apa yang ada di pikiran lo gus hahhaha ?
A : iyaaa nih sampe sekarang juga gua belom kuliah sih di karenakan biaya :( engga deng hahaha, karena gua orangnya males aja kali yaaak. Yaagituu pas lulus SMA gua emang ga ada niat buat kuliah karena capek sama mata pelajaran dan gua malah keasikan skate deh sampe sekarang. Padahal sebenernya kuliah penting sih tapi yaudahlah paling kuliahnya nanti, tapi gatau dah nantinya kapan hehehe.



Q : Ceritain soal brand yang lu jalanin saat ini (SURET), awal mula dan perkembangannya sampai saat ini ?
A : jadi awal mulanya sih gua pengen menghasilkan uang tapi gua tetep pengen maen skate dan gua gak mau kerja sama orang, biar maen skatenya bebas aja gituu hehe. Tahun 2012 bulan Mei pertama kali gua maen skate gua juga coba buka jasa sablon satuan gitu, dari situ gua mikir aaah kenapa gua ga buat brand sendiri aja dan akhirnya gua buat brand yg tadinya buat gua pake sendiri aja, tapi akhirnya di tahun 2013 gua memutuskan buat agak serius nih sama brand ini, terus gua mulai produksi deh beberapa artikel dan gua pasarin ke temen2 deket dulu sih sekalian di bantuin promosiin juga. 
Terus jalan berapa bulan gua coba titipin tuh produk2 gua di beberapa toko, salah satunya Wonder Skateshop yg udah bantu naikin nama Suret juga waktu itu dan alhamdulillah jadi banyak yg mengenal Suret juga dari situ. Dan di tahun 2014 gua berniat buat bikin Deck Suret, terus gua cari2 tau lah tuh tempat bikin papan skate, kirain gua di indo bisa buat papan skate tapi ternyataa enggak dan harus order ke china kalo mau buat papan skate.  Sampe akhirnya gua coba nanya2 ke brand skate yg emang dia bikin deck buat merknya sendiri dan gua nanya tuh bisa ga sih gua ikut nitip bikin Deck pake merk sendiri, bisa juga ternyata dan gua mulai produksi deh di bulan Oktober apa November gitu lupa jugaa gue dan lumayan lama juga sih bikinnya waktu itu sekitar 3-5 bulanan karena ada libur lebaran china disanah sampe sebulanan. 

Nah masuk di tahun 2015 gua ingin mencoba untuk buka toko sendiri tuh dan setelah dipikirkan matang2 akhirnya jadi juga gua buka toko di deket rumah sih tepatnya di Seberang Perumahan Paspampres Cikeas, terus jalan sebulan toko gua buka Deck Suret yg gua bikinpun jadi jugaaa akhirnyaa, padahal awalnya gua ngira gua tertypuu tuh hahaha tapi kalo rejeki mah emang gak kemana yaaa. Alhamdulillah selama kurang lebih 5 tahun ini semakin berkembang usaha yg gua jalanin.


Q : Buat gue pribadi, elo sebagai laki-laki kelahiran 1994 (berarti umur lo sekarang 23), mulai skating di tahun 2012 tiba-tiba sekarang lo bisa ngelola Apparel Brand, Skateboard brand & Ngebangun Store lo sendiri dalam waktu kurang dari 5 tahun itu pencapaian yang luar biasa gus. Gimana lu menyikapi hal ini?

A : Iya alhamdulillah banget gua juga gak nyangka bisa sejauh ini, itupun semuanya berkat support dari orang2 terdekat gua terutama nyokap gua :) pokonya makasih banyak banget buat orang2 terdekat gue yg udah support gua dan suret selama ini.


Q : Ada satu hal unik yang gue perhatiin, di setiap acara / event skate, ketika lo dateng dengan kawanan lo ngga sedikit orang yang nyeletuk "weess anak-anak SURET dateng neh" padahal bisa aja harusnya mereka bilang "anak-anak bogor" atau "anak-anak Gunung Putri" hahahaha gimana tu gus?

A : Iya jugaa yaak, gua juga baru sadar wkwk  mungkin karena beberapa dari anak2 sini kalo maen skate suka pake produk suret kali yak terus datengnya selalu barengan dan orangnya itu2 aja jadi orang yg ngeliat tuh “oh ini anak2 suret nih” kayaknya sih begitu hahaha.


Saksikan video terbaru dari Bagus dan kawanan-nya di bawah ini



http://www.wonderskateboarding.com/2017/12/video-suret-all-way.html



Q : Buat kawan-kawan lo yang lain, yang lagi mencoba untuk memulai usaha dan masuk ke industri ini, apa saran lo?

A : Pokonya buat yg mau memulai usaha dan masuk ke industri ini jangan gampang putus asa aja, jangan lupa berdoa sama berusaha, dan jangan pernah takut sama yg namanya gagal. Karena kalo mau berhasil ada aja gagalnya, kayak lu ngulik trick aja pasti gagal dulu baru berhasil hahaha.


Q : Jadi sekarang gue enaknya manggil lu dan kawan-kawan anak SURET apa anak Gunung Putri hahahaha?

A: Bebas sih sebenernya, tapi anak suret aja kali yak wkwk soalnya kawan2 gua tuh gak semuanya dari gunung putri jugaa.


Q : Btw Thanks ya Gus udah mau jawabin pertanyaan dari wonder, kapan-kapan gw main lagi ke store lu, mau nyobain pijit "refleksi" di samping store tuh hahahahaha

A : Naaaah ayoo cobain mas, enaaak kayaknya mah di pijit hahaha

Iya makasih banyak juga nih buat Wonder udah mau ngangkat gua dan suret di artikel ini :) Dan gua juga mau bilang terima kasih banyak buat kalian semua yg udah support Suret selama ini, karena tanpa support dari kalian Suret gak bakal bisa berkembang sampe sekarang ini hehe.
https://www.tokopedia.com/wndr/etalase/skateboard-trucks


Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving