OWNER TALKS - THE DOLLAR EFFECTS

Hey folks! happy new years ya.. di 2014 pasti banyak harapan baru buat para skateboarders di tahun ini, mungkin salah satunya adalah harga - harga skate stuff yang kita harapkan bisa lebih terjangkau dan mudah untuk di dapatkan. tapi nih ya di beberapa pemberitaan media belakangan ini beredar informasi tentang nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang makin ngga terkendali, trus apa hubungannya sama skateboarding di indonesia? ya pasti sedikit banyak ada hubungannya. contohnya nih ya, skateboard stuff yang kita pake itu kebanyakan adalah produk impor #azeeg ketika menyebut impor berarti pembelian barang tersebut menggunakan mata uang asing yang sekarang nilai tukarnya lebih tinggi dari Rupiah kita! Otomatis nih ya, harga skate stuff kedepannya juga bakal ikut naik juga, serem ngga tuh! terakhir nih ya di kutip dari salah satu media nasional :

"Data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Kamis (9/1/2014) memperlihatkan transaksi jual beli rupiah terhadap dolar AS berada di level 12.263 per dolar AS, Dengan pelemahan ini, rupiah kembali terpuruk ke level terendahnya di awal 2014. "

nah loh ngeri ngga tuh hehe, So! untuk menjawab pertanyaan akan bagaimanakah kondisi kedepannya terhadap harga skateboard stuff di indonesia, ada baiknya kita bertanya kepada temen-temen kita yang saat ini mendedikasikan diri mereka sebagai penyedia skateboard stuff di tanah Air apa pendapat mereka tentang hal ini ? mari kita simak

 


Yoki Alfikar (Puppets Skateboard CEO)
Dear all
sama halnya dgn ibu kalian yg mengeluh akan kenaikan elpiji 12kg , kalian jg akan dihadapkan dgn kenaikan harga skatestuff..lalu apa hubungannya ? skatestuf yg 99.9% diproduksi di Cina dan negara2 diluar indonesia ,bertransaksi "based on dollar usa" ,mau ga mau ya pastilah kita kena imbasnya hehe.. Produsen lokal sk8clothing yg berproduksi di dlm negeri pun teriak dgn naiknya harga kain bukan ?? 
Hal ini memang bukan pertamakali , naikturun dolar fluktuatif dari tahun ke tahun . mungkin kakak kalian pernah mengalami masa dimana papan skateboard melambung seharga Rp.1,500,000 di saat krismon (krisis moneter) tahun '98. Kemudian kita happy di era tahun 2008 dimana papan skateboard sangat murah. semua org mampu beli. Saat ini rupiah terpuruk lagi, yg pasti bukan hanya kalian skateboarder yg sedih akan hal itu,, kami selaku pelaku industri skateboard "localbrand" pun juga sedih , galau dan bimbang.
 
Yoki is filmer for Puppets too
Ketergantungan negara kita thd Amerika memang menghajar semua sektor industri, skateboard juga termasuk. di satu sisi kami ingin menyediakan skatestuff yang berkualitas dengan harga lebih terjangkau, tetapi di satu sisi lain kami harus survive dengan terpaan "badai" dolar ini, tingginya inflasi negara ini hinga 8,5% memicu naiknya semua hrga produksi, belum lagi utk biaya2 promo,media,sponsoring, dll..semua itu menggunakan biaya yang tdk sedikit. (*curhat)

so .. pada akhirnya pun kami gak bisa menahan utk kenaikan harga ini, tp jgn kawatir kenaikan harga pun masih dalam harga yg wajar dan terjangkau di kantong kalian. Kalo masih kurang setuju dengan kenaikan harga , ya berarti kurangin aja anggaran belanja rokok kalian . hehe ...:)
 
Ini bukanlah masalah yg membutuhkan solusi . krn hal ini gak akan selesai sampai besok besok. yg perlu kita sadari bersama adalah bagaimana kita bersama bs menekan efek domino dr kenaikan harga ini. Bisa bayangin kalo industri gak mampu lagi berjalan? lalu gada kompetisi , rider pun kehilangan nafkah sponsor ? dll.. Nah, di saat itulah kita perlu suatu regulasi bijak yg perlu dikeluarkan oleh pihak pihak yg mengatasnamakan federasi,atau induk yg menaungi skateboard indonesia ,

Sudah saatnya kita para pelaku industri, induk organisasi, dan para pelaku skate indo , utk duduk bersama bagaimana memberlakukan aturan/regulasi ttg skateboard industri di Indonesia. susah memang ,tp kita harus belajar pula bagaimana amerika memiliki organisasi industri yg hebat dibelakang layar  .gak cuman yg kalian lihat di youtube.

so bagaimana menyiasati kenaikan harga ini ? hanya kalian sendiri yg bs menjawab sambil utak atik dompet :)


Yoki alfikar
Puppets Skateboards


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bima Anwar (Diatone Skateboards CEO)
 
Photo by : Rully Septyar
Ok thanks atas pertanyaannya Yo.
Kenaikan US dollar yang melunjak dalam beberapa bulan ini (dan kelihatannya akan naik terus), yang juga diikuti oleh kenaikan harga jual barang import, mungkin impactnya juga terasa oleh kita para skateboarder yang secara reguler mengkonsumsi barang import (deck, skate shoes, apparell, dll).

Dari sisi saya sebagai owner brand papan lokal, kenaikan dollar ini membawa bisnis skateboard deck ini ke posisi yang sulit. Dimana kita menjual barang import dengan label local brand, yang sebagian skateboarder masih memandang sebelah mata dengan kualitas skate deck, dsb.

Tetapi dengan kondisi seperti ini, gua coba untuk bertahan dan juga teman2 dr local brand papan lainnya walaupun dalam kondisi terpuruk kita tetap berusaha bertahan agar skate scene dan skate industries di Indonesia tetap maju. 

Tentunya kemajuan ini harus ada dukungan dari lokal skateboarder di Indonesia. Dari sekarang yang pada belom berani beli skate stuff lokal ayo belilah! Yang udah pada pake skate stuff lokal tetap loyal! Selamatkan lokal skate industry dari kondisi yang kurang memihak pada kita skateboarder Indonesia. Tentunya dari skate industry yang berkembang akan semakin banyak skater lokal yang di endorse dan akan semakin banyak pula pro2 lokal, video part, dll. Pokoknya skate scene akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik deh dijamin!
Dari skateboarder untuk skateboarder. Amin!

Bima Putrantyo Anwar
Diatone Skateboards


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mochammad Iqbal (Fellow Skateboard CEO)
 
Photo by : Mazini Hafiz
Haloo Wonder
Selamat tahun baru juga, semoga tahun ini semakin menyenangkan.
Mengenai mata uang kita yang melemah dihadapan dolar amerika sebenernya sudah ga bisa dihindari lagi ya. Cuma pastinya si dolar pasti berpengaruh langsung sama segala sesuatu di negara kita. Jadi biarkan kita serahkan urusan itu pada ahlinya.
Yang pasti kita harus tetep meluncurkan. Lalu, bersenang-senanglah selalu, selama itu bisa membuat kalian bersemangat dan bergerak positif, kejar!
Dedikasi tidak akan ikut melemah. Kita akan tetap untuk selalu berbagi keceriaan.
*:) happy
share the joy




Mochammad Iqbal 
Fellow Skateboards

Post a Comment

Copyright © WNDR. live your life likescurving